Home » , » Kebutuhan /spesifikasi minimal untuk instalasi linux (Redhat Linux 9)

Kebutuhan /spesifikasi minimal untuk instalasi linux (Redhat Linux 9)

Kebutuhan /spesifikasi minimal untuk instalasi linux (Redhat Linux 9).


Redhat linux 9 merupakan salah satu varian dari sistem operasi linux yang cukup populer di lingkungan pengembang software open source.
Dengan mahalnya software dan sistem operasi microssoft windwos, mendorong banyak pemakai komputer baik instansi, perusahaan maupun perkantoran untuk beralih ke linux.

Redhat merupakan suatu perusaan yang mengembangkan sistem operasi open source yang  sudah lama mengembangkan linux. Redhat 9 merupakan pengembangan dari versi redhat sebelumnya yaitu versi 8,7 dan versi-versi sebelumnya.
kebutuhan hardware untuk instalasi linux redhat 9 adalah sebagai berikut:
Processor:
pentium1 200 (untuk mode text)
Pentium1 400 (untuk mode grafik)
Rekomendasi pentium lll 600 Mb ke atas.

Hardisk:
475 Mb (untuk kostum instalation)
850 Mb (untuk server)
1,7 Gb (untuk workstation)
Rekomendasi 10 Gb ke atas

Sebelum memulai instalasi redhat 9 perlu di ketahui bahwa sistem operasi redhat linux berbeda dengan sistem operasi  microssoft windows. Redhat linux membutuhkan  partisi hardisk minimal menjadi 2 bagian yaitu sebagai root dan swap.

Besarnya nilai partisi dari root dan swap dapat di atur sesuai kebutuhan. Swap merupakan penyimpanan data sementara selama proses berlangsung., hampir mirip dengan virtual memory di windows. Linux dapat mempunyai partisi lain seperti /vsr/boot dan/var.
metode instalasi redhat linux 9
Metode instalasi redhat linux 9 berdasarkan letak file sistem operasi di simpan yaitu:

1. cd-rom
Metode sistem instalasi yang paling banyak di gunakan adalah dengan cd-rom hal ini di sebabkan karena cd-rom merupakan media penyimpanan yang handal, berkapasitas besar (700 mb), tahan lama, murah dan flaxibel untuk di bawa ke mana-mana.

2. harddisk
Instalasi sistem operasi dapat juga di lakukan melalui harddisk yang telah berisi master sistem operasi. Harrdisk merupakan media penyimpanan yang harus di miliki oleh komputer dewasa ini. Tanpa harddisk  komputer tidak dapat berfungsi  karna sistem operasi sekarang ini harus di instalasi ke harddisk.

3. NFS image
Instalasi sistem operasi jaringan (linux redhat) dapat di lakukan melalui NFS server. Untuk instalasi dengan NFS server ini di butuhkan nerwork atau PCMCIA disket (bootnet.img).

4. FTP
Instalasi sistem operasi linux redhat 9 dapat di lakukan melalui FTP server. Untuk instalasi dengan FTP ini di butuhkan network atau PCMCIA boot disket (boot net.img). proses instalasi melalui FTP ini memerlukan jaringan sehingga jarang di lakukan karena distribusi sistem operasi dengan media lain mudah di dapatkan.

5. HTTP
Instalasi sistem operasi linux redhat 9 dapat di lakukan melalui http.
Server untuk instalasi dengan http ini di butuhkan network atau PCMCIA boot disket( boot net.img). sama seperti FTP proses instalasi akan berjalan lambat jika jaringan tidak baik.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian