Home » , » Macam-macam polutan di air

Macam-macam polutan di air

Macam-macam polutan di air



POLUTAN DI AIR
Macam-macam polutan di air adalah sebagai berikut:

AGEN PENYEBAB PENYAKIT
Agen penyebab penyakit adalah organisme-organisme yang dapat menginfeksi dan menyebabkan penyakit, contoh agen penyebab penyakit yang dapat menjadi polutan di air adalah bakteri, virus, protozoa, dan cacing parasit.

LIMBAH YANG MEMERLUKAN OKSIGEN
Limbah yang memerlukan oksigen terdiri atas berbagai limbah organik yang dapat di urai oleh bakteri aerob. Contoh jenis limbah ini adalah kotoran manusia, dan hewan sisa-sisa tumbuhan dan limbah industri

BAHAN KIMIA ORGANIK
Bahan kimia organik merupakan senyawa kimia yang mengandung atom karbon, contoh bahan kimia organik tersebut adalah pestisida, minyak, gosollin, plastik deterjen dan PJB (poliklorinasi bifenil).

BAHAN KIMIA ANORGANIK
Polutan bahan kimia anorganik adalah polutan yang mengandung unsur kimia selain karbon, misalnya berbagai senyawa asam, senyawa garam-garaman dan logam berat.

NUTRIEN TUMBUHAN
Nutrien tumbuhan merupakan senyawa-senyawa kimia yang dapat menstimulasi pertumbuhan tumbuhan dan ganggang. Contoh nutrien tumbuhan yang umumnya menjadi polutan air adalah nitrat (No3) fosfat (Po4) dan amonum (NH4).

SEDIMEN
Sedimen adalah endapan berbagai partikel padat , seperti partikel pasir, lumpur dan batuan dasar. Perairan sedimen dapat menjadi polutan bagi air apabila jumlahnya berlebihan.

BAHAN RADIO AKTIF
Bahan radio aktif mengandung atom-atom dari senyawa isotop yang tidak stabil sehingga memencarkan radiasi secara spontan.  Contoh bahan radioaktif yang umumnya menjadi polutan di air adalah radon, iodin, dan uranium.

PANAS
Panas juga dapat menjadi polutan di air apabila berlebihan sehingga suhu air meningkat.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian