Home » , » Jenis-Jenis Penyakit Kulit

Jenis-Jenis Penyakit Kulit

Jenis-Jenis Penyakit Kulit
 
Kulit manusia dapat mengalami gangguan karena berbagai sebab.
Beberapa kelainan dan penyakit pada kulit adalah sebagai berikut :
 
1. Skabies
Skabies disebut pula “seven-yaer itch”. Penyakit tersebut disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (sarvoptes scabies) dan dapat menular pada orang lain.
 
2. Eksim
Eksim merupakan penyakit kulit yang akut atau kronis. Penyakit tersebut menyebabkan kulit menjadi kering, kemerah-merahan, gatal-gatal dan bersisik.
 
3. Jerawat
Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Penyakit tersebut umumnya dialami anak-anak masa remaja. Jerawat biasanya menyerang bagian wajah, dada atas, dan punggung. Pemijitan jerawat secara tidak benar perlu anda hindari, sebab hal tersebut dapat menyebabkan infeksi. Cara pencegahan timbulnya jerawat yang paling mudah yaitu  makan makanan yang seimbang, cukup tidur dan olahraga, serta rajin menjaga kebersihan kulit.
 
4. Biang keringat
Biang keringat dapat mengenai siapa saja, baik anak-anak, remaja, atau orang tua. Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintik kemerahan yang disertai gatal. Daki, debu, dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat.
Orang yang tinggal di daerah tropis yang kelembapannya tidak terlalu tinggi akan mudah terkena biang keringat. Biasanya, anggota badan yang terkena biang keringat yaitu dahi, leher, punggung, dan dada.
 
Agar tidak terkena biang keringat, aturlah ventilasi ruangan dengan baik. Selain itu, jangan berpakaian terlalu tebal dan ketat. Namun, jika sudah terlanjur terserang biang keringat maka solusinya adalah menaburkan bedak di sekitar biang keringat. Bila penyakit tersebut belum kunjung sembuh atau semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

1 komentar:

Google+ Followers

Pencarian