Home » , » Macam-macam Pelaku Kegiatan Ekonomi

Macam-macam Pelaku Kegiatan Ekonomi

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam hal ini pelaku kegiatan ekonomi dapat di bedakan sebagai berikut:

1. Rumah Tangga
Rumah tangga adalah pemilik dari berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Seperti tenaga kerja, alat-alat modal, harta tetap seperti tanah, gedung dan lain sebagainya. Dalam hal ini perusahaan akan memberikan berbagai jenis pendapatan atas jasa yang di  berikan oleh sektor rumah tangga. Contohnya tenaga kerja akan menerima gaji/ upah, pemilik modal akan menerima bunga, dan pemilik keahlian keusahawan menerima keuntungan.

2. Perusahaan
Perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan seseorang atau sekumpulan orang dengan menyatukan sumber daya produksi untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan.

3. Pemerintah
Selaku pelaku ekonomi, pemerintah juga ikut serta dalam kegiatan ekonomi.  Contoh kegiatan ekonomi  yang dilakukan pemerintah antara lain: pengembangan prasarana seperti jalan, jembatan, dan lain sebagainya. Untuk membiayai pengeluarannya pemerintah mengenakan berbagai jenis pajak kepada rumah tangga dan perusahaan.

4. Luar Negeri
Luar negeri dalam kegiatan ekonomi dapat berperan sebagai penanam modal, pemasok tenaga kerja (ahli), serta kegiatan ekspor dan impor.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian