Home » » Pengertian konflik

Pengertian konflik



Pengertian konflik

Konflik dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana terjadi ketidaksamaan persepsi, pandangan, perspektif antara satu pihak dengan pihak lainnya yang kemudian masing-masing pihak berusaha untuk membenarkan pendapatnya dengan cara menyingkirkan pihak lawannya. Menurut Soerjono Soekanto, untuk menyingkirkan pihak lawan, maka digunakanlah ancaman dan/kekerasan.
Konflik dapat terjadi karna adanya perbedaan sifat dan karakter masing-masing individu, ditambah lagi dengan tujuan dan kepentingan mereka yang tidak sama. Ketidaksamaan antar individu itulah yang kemudian membuatnya merasa terancam dengan keberadaan individu lainnya. Individu-individu tersebut lalu berupaya dengan dengan menggunakan berbagai cara untuk menyingkirkan pihak yang menjadi lawannya.
Seorang ahli sosiologi mengatakan bahwa di dalam konflik yang memegang peranan penting adalah perasaan, amarah, dendam dan rasa benci seringkali mempertajam perbedaan-perbedaan yang memang tidak bisa disangkal keberadaannya.
Konflik lebih sering terjadi dalam hubungan social bukan personal/intim. Ini bias terjadi karna masing-masing pihak dalam hubungan personal menekan perasaan-perasaan yang bisa mempertajam perbedaan.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian