Home » » Proklamasi Indonesia

Proklamasi Indonesia

Pengalaman sejarah telah membuat bangsa Jepang menjadi bangsa yang kuat dan disegani di dunia ini. Semangat untuk maju dalam menutupi segala kelemahan-kelemahan yang ada patutlah kita contoh untuk membangun bangsa kita.

Pengalaman pahit akan kelemahan bangsa Jepang dengan dibukanya pelabuhan Shimoda telah berakibat timbulnya pergolakkan yang melahirkan Meizi Restorasi yang mampu menjadikan Jepang sebagai kekuatan baru di Asia yang patut diperhitungkan. Ekspansi yang dilakukan bangsa Jepang dilakukan untuk menutupi kelemahan bangsanya sebagai negara modern.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan .......”. Begitulah salah satu kutipan isi dalam pembukaan UUD 1945 yang memuat makna yang begitu mendalam dalam perjuangan kemerdeka-an bangsa Indonesia. Proklamasi yang dikumandangkan pada 17 Agustus 1945 tidak akan bisa dicapai dengan mudah tanpa adanya suatu perjuangan. Kekalahan bangsa Jepang dalam perang Pasifik telah membuka gerbang kemerdekaan di Indonesia. Posisi Jepang atas status quo dari Sekutu yang berakibat kekosongan kekuasaan di Indonesia dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pejuang di tanah air untuk segera memproklamasikan kemerdekaan .

Perbedaan paham waktu tentang kapan Proklamasi kemerdekaan harus dilaksanakan telah menyebabkan terjadinya ketegangan antara golongan tua dan golongan muda.

Kesepakatan akan waktu proklamasi yang timbul diantara kedua golongan ini merupakan wujud pelaksanaan demokrasi pada saat itu. Titik puncak kemenangan bangsa Indonesia adalah dikumandangkannya proklamasi kemerdekaaan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Setelah kemerdekaan diproklamirkan bukan berarti perjuangan bangsa sudah selesai, tetapi tetap berjuang dalam memper-tahankan kemerdekaan yang sudah diperoleh dengan susah payah.

1 komentar:

Google+ Followers

Pencarian