Home » » Macam-Macam Alat Pernapasan Pada Hewan

Macam-Macam Alat Pernapasan Pada Hewan


Macam-Macam Alat Pernapasan Pada Hewan. Bernapas adalah sebuah proses menghirup dan mengeluarkan udara, hewan juga memiliki alat pernapasan layaknya manusia, alat pernapasan pada hewanpun berbeda-beda, ada yang menggunakan paru-paru, insang, kulit maupun trakea. Lebih jelasnya, berikut ini adalah macam macam alat pernapasan pada hewan.

Burung

Burung bernapas dengan paru paru, alat pernapasan pada burung juga disebut pundi-pundi atau kantong udara. Fungsi kantong udara ini adalah untuk menyimpan udara yang digunakan pada saat terbang. Mula mula udara masuk melalui hidung lalu ke tenggorokan dan kemudian ke kantong udara sampai akhirnya di paru paru. Bagaimanakah proses pernapasan burung pada saat terbang? Ketika mengepakkan sayapnya, burung tidak memasukkan melalui hidung. Udara pernapasannya adalah berasal dari udara yang tersimpan pada kantong udara (alat pernapasan ). Pada saat tidak mengepakkan sayap, atau pada saat burung melayang, kembali ia mengisi pundi pundi udaranya dengan udara. Demikian pula ketika burung hinggap di suatu tempat, sisa pernapasan akan keluar melalui hidung.

Reptil

Contoh hewan reptil adalah ular, buaya, kadal, cicak dan biawak. Hewan jenis ini menggunakan paru paru untuk bernapas. Prosesnya udara masuk melalui hidung, kemudian menuju batang tenggorokan, lalu ke paru paru, sedangkan karbon dioksida dikeluarkan. Retptil yang sering berkubang di air semisal buaya lubang hidungnya dapat ditutup suatu menyelam sehingga air tidak masuk kedalam paru paru buaya.

Amfibi

Hewan seperti katak hidup di dua alam. Maksudnya hewan ini bisa hidup di darat dan di air, maka ia disebut hewan amfibi. Katak ini memiliki perkembangan yang dimulai dari telur kemudian berudu atau (kecebong) lalu tumbuh menjadi katak muda dan selanjutnya katak dewasa. Ternyata ada sedikit perbedaan proses pernapasan yang dilakukan oleh katak berudu atau kecebong dengan katak yang sudah dewasa. Kecebong bernapas dengan tiga pasang insang luar yang terdapat dikepala bagian belakang, insang luar tersebut terdiri dari lembaran lembaran kulit luar yang halus dan mengandung kapiler darah. Setelah berumur 9 hari, kecebong kemudian bernapas dengan insang dalam, selanjutnya insang dalam akan mulai menyusut seiring dengan berfungsinya paru paru.

Sementara itu katak dewasa bernapas menggunakan paru paru kanan dan paru paru kiri yang terdapat banyak gelembung udara. Gelembung udara tersebut sangat tipis dan berselaput, penuh dengan kapiler darah, pada gelembung udara tersebut terjadi pertukaran Gas. Gak oksigen diserap, sedangkan karbon dioksida dikeluarkan. Katak juga bernapas dengan kulit, oleh karena itu kulit katak sering keliatan basah, melalui kulitnya yang basah itu katak mengikat oksigen.

Ikan

Mungkin sebagian besar dari kita sudah pada mengetaui alat pernapasan pada hewan yang satu ini, ya ikan menggunakan insang sebagai alat pernapasannya, yang mana insang pada ikan ini berjumlah 4 pasang, terletak pada bagian sebelah kanan dan kiri. Insang pada ikan dilindungi oleh tutup insang. Prosesnya, saat membuka mulut, air masuk ke rongga mulut sementara tutup insang menutup kemudian oksigen yang terkandung dalam air diikat oleh kapiler darah. Sebaliknya karbon dioksida dikeluarkan kembali melalui insang.

Ikan juga memiliki yang namanya “Gelembung Renang” yang berguna untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak naik turun. Ada juga ikan yang hidup pada tempat yang kurang air seperti lumpur, mereka memiliki labirin yang juga berguna untuk menyimpan cadangan oksigen. Jenis ikan yang biasa hidup dilumpur ini seperti ikan betook, ikan lele, ikan gabus, dan ikan gurami.

Cacing

Cacing adalah termasuk hewan lunak, yang mana cacing ini tidak memiliki alat pernapasan khusus. Cacing bernapas melalui oksigen yang masuk lewat permukaan kulitnya yang basah. Kulitnya yang basah ini akan mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida.

Mamalia

Mamalia adalah jenis hewan yang menyusui, contoh hewan mamalia adalah kucing, harimau, gajah, sapi, kelinci, tikus, dan lumba-lumba. Hewan mamalia ada yang hidup di darat dan ada juga yang hidup di air. Mamalia menggunakan alat pernapasan yang sama dengan manusia, yaitu paru paru. Sekalipun itu mamalia yang hidup di air seperti paus, dan lumba lumba.

Pada paus dan lumba-lumba, pada paus dan lumba lumba, udara keluar dan masuk melalui lubang hidung khusug yang terletak diatas kepala. Lubang itu akan membuka ketika mereka naik ke permukaan air dan menutup ketika ketika menyelam. Saat lubang hidung membuka, pas atau lumba-lumba menghembuskan udara lembab dan hangat dari paru paru, kemudian mengisinya kembali dengan oksigen.

Serangga

Macam-macam serangga seperti nyamuk, belalang, lalat, rayap dan juga kupu-kupu menggunakan alat pernapasan yang disebut dengan trakea. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus yang bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma adalah lubang yang terletak persisi di sisi bagian kiri dan kanan serangga. Stigma ini berfungsi sebagai jalan keluar dan masuknya udara.

Itulah macam-macamnya alat pernapasan pada hewan, tambahkan yang lain pada komentar dibawah.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian