-->
Home » » Perilaku yang Mendukung Tegaknya Nilai-nilai Demokrasi

Perilaku yang Mendukung Tegaknya Nilai-nilai Demokrasi


Perilaku yang Mendukung Tegaknya Nilai-nilai Demokrasi
Demokrasi tidak mungkin terwujud, jika tidak didukung oleh masyarakatnya. Pada dasarnya timbulnya budaya demokrasi disebabkan karena rakyat tidak senang adanya tindakan yang sewenang-wenang baik dari pihak penguasa maupun dari rakyat sendiri. Oleh karena itu, kehidupan yang demokratis hanya mungkin dapat terwujud ketika rakyat menginginkan terwujudnya kehidupan tersebut.

Bagaimana caranya supaya kita dapat menjalankan kehidupan yang demokratis? Untuk menjalankan kehidupan demokratis, kita bisa memulainya dengan cara menampilkan beberapa prinsip di bawah ini dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

·            membisakan diri untuk berbuat sesuai dengan aturan main atau hukum yang berlaku;
·            membiasakan diri bertindak demokratis dalam segala hal;
·            membiasakan diri menyelesaikan persoalan dengan musyawarah;
·            membiasakan diri mengadakan perubahan secara damai tidak dengan kekerasan;
·            membiasakan diri untuk memilih pemimpin-pemimpin melalui cara-cara yang demokratis;
·            selalu menggunakan akal sehat dan hati nurani luhur dalam musyawarah;
·            selalu mempertanggungjawabkan hasil keputusan musyawarah baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa dan negara bahkan secara pribadi;
·            menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban;
·            menggunakan kebebasan dengan rasa tanggung jawab;
·            mau menghormati hak orang lain dalam menyampaikan pendapat;
·            membiasakan diri memberikan kritik yang bersifat membangun.

Kita  sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai ujung tombak dalam usaha menegakkan nilai-nilai demokrasi, sudah semestinya mendemonstrasikan peran serta dalam usaha mewujudkan kehidupan yang demokratis. Paling tidak, mungkin dengan mencoba membiasakan hidup demokratis di lingkungan keluarga dan di lingkungan sekolah maupun masyarakat tempat kalian tinggal, sehingga pada akhirnya berkembang menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis.Sebagai contoh, sikap kita dapat mencerminkan upaya penegakan nilai-nilai demokrasi dimulai

·            dari lingkungan keluarga: Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
·            Dalam kehidupan di lingkungan sekolah: Aktif dalam kegiatan diskusi kelas
·            Dalam kehidupan di lingkungan masyarakat: Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.
·            Dalam kehidupan di lingkungan bangsa dan bernegara: Mendukung kelancaran proses Pemilihan Umum

Dan lain lain sebagainya.


Ø  Dalam pandangan Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu system pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Artinya rakyat dengan serta merta mempunyai kebebasan untuk melakukan semua aktifitas kehidupan termasuk aktivitas politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun, karena pada hakekatnya yang berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama.

Ø  Pada umumnya menurut Henry B. Mayo demokrasi mengandung prinsip-prinsip sebagai berikut, yaitu menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga; menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah; menyelenggarakan pergantian pimpinan secara teratur; membatasi pemakaian kekerasan sampai minimum; mengakui serta menganggap wajar adanya keanekaragaman; dan menjamin tegaknya keadilan.

Ø  Inti dari demokrasi Pancasila adalah sila keempat, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan. Jadi demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dikendalikan oleh dua nilai yaitu nilai hikmat dan nilai bijak.

Ø  Pada hakikatnya sebuah negara dapat disebut sebagai negara yang demokratis, apabila di dalam pemerintahan tersebut rakyat memiliki persamaan di muka hukum, memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, dan memperoleh pendapatan yang layak karena terjadi distribusi pendapatan yang adil.

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...