Home » » Arti dan Makna Di balik kata Bhinneka Tunggal Ika

Arti dan Makna Di balik kata Bhinneka Tunggal Ika


Arti dan Makna Di balik kata Bhinneka Tunggal Ika. Kata bhinneka tunggal ika tentu sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai warga Negara Indonesia, kata ini sering kita lihat pada lambang Negara burung garuda pancasila.

Pada lambang Negara Indonesia terdapat tulisan yang berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika”, tulisan tersebut mempunyai makna yang sangat dalam. Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tapi tetap satu.

Walaupun bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan beragam budayanya tapi merupakan satu kesatuan yang utuh. Tentu kita pernah mendengar pepatah mengatakan “ bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh “. Makna dari pepatah ini adalah, dengan bersatu kita dapat menghalau segala ancaman yang akan memecah belah persatuan. Namun sebaliknya kalau kita bersatu maka tidak bersatu maka tidak akan ada kekuatan.

Dapat kita bayangkan kalu Negara ini tidak bersatu, maka Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa akan sangat mudah terpecah belah. Oleh karena itu, untuk menjaga persatuan dan kesatuan harus bersatu.
Dalam perjalanan sejarah, bangsa dan Negara ini selalu dapat rongrongan baik dari dalam maupun dari luar. Ancaman dan gangguan tersebut harus ditangkal dengan demikian segala gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan Negara dapat digagalkan, disinilah peranan penting dalam makna yang terkandung dibalik kata “Bhinneka Tunggal Ika “.

Telusuri dalam:

  • arti kata
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • pengertian
  • makna
  • arti Bhinneka Tunggal Ika

1 komentar:

  1. sering lupa aku tentang bhineka tunggal ika,:( ! makasih ghan udah diingatkan :)
    ijin share!

    Muhammad Syafiq

    ReplyDelete

Google+ Followers

Pencarian