Home » , » Cara Memelihara Kesehatan Pada Alat Pernapasan

Cara Memelihara Kesehatan Pada Alat Pernapasan


Cara Memelihara Kesehatan Pada Alat Pernapasan. Kuman penyakit dapat menyerang saluran pernapasan kita sehingga kita jatuh sakit, penyakit yang menyerang saluran pernapasan antara lain adalah influenza, bronchitis, radang paru-paru atau pneumonia, dan TBC paru paru. Semua penyakit ini dapat ditularkan melalui udara karena kuman penyakit ini ada di udara. Cara penularannya adalah ketika orang atau penderita batuk dan bersin, kuman akan terlempar ke udara, pada saat ini orang lain yang sehatpun akan terinfeksi kuman ini, jika dia menghirup udara yang mengandung kuman tersebut. Lalu adakah cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan pada alat pernapasan? Berikut akan dipaparkan beberapa cara yang efektif dalam menjaga kesehatan pada alat pernapasan manusia.

Agar kesehatan kita tetap terjaga baik, kita perlu melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan juga pada alat pernapasan kita, berikut ini pola kehidupan sehat yang dapat meningkatkan kesehatan alat pernapasan manusia.

1.  Makan makanan Bergizi
Makanan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi maka tubuh tidak mudah terserang penyakit. Misalkan, jika pola makan yang dikonsumsi sehat dan teratur, anda tidak mudah tertular influenza.

2.  Berolahraga secara teratur
Tubuh kita ini membutuhkan oksigen yang cukup untuk pembakaran sari sari makanan di dalam tubuh. Dengan berolahraga maka proses pernapasan dapat diperlancar karena adanya latihan pernapasan yang benar. Olahraga yang baik bagi kesehatan pernapasan antara lain adalah atletik, senam dan juga renang.

3.  Istirahat yang teratur
Tubuh kita juga memerlukan waktu istirahat yang cukup. Pada anak-anak istirahat dalam bentuk tidur merupakan saat terbaik bagi pertumbuhan dan pemulihan tubuh. Akan tetapi, istirahat tidak perlu terlalu banyak karena aktivitas tubuh seperti bermain dan berolahraga juga diperlukan untuk kesehatan alat pernapasan. Kita memerlukan waktu tidur rata-rata 8-9 jam setiap hari.

4.     Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun lingkungan adalah syarat utama dalam menjaga kesehatan. Kebersihan diri dapat dapat dimulai dengan cara mencuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas. Sementara kebersihan lingkungan dapat dimulai dari kamar kita. Pastikan pada ruangan kamar terjadi sirkulasi udara yang baik. udara ruangan yang lembab dan pengap tidak baik bagi kesehatan alat pernapasan . kuman mudah berkembang biak dalam kondisi ini. Pastikan juga ruangan selalu mendapat pancaran sinar matahari setiap hari karena beberapa jenis kuman dapat mati kerena panas dan sinar matahari.

5.     Menjauhi asap rokok!
Seperti yang kita ketahui bahwa asap rokok berbahaya bukan hanya pada si perokok melainkan juga pada orang orang disekitarnya yang tidak sengaja menghirup asap rokok. Asap rokok berbahaya karena mengandung nikotin yang dapat membahayakan paru paru saat kita menghirupnya. Nikotin yang terkandung dalam paru paru dapat tinggal dan terkumpul disana, jika berlangsung dalam waktu yang lama maka akan mengakibatkan paru paru rusak dan tidak bisa lagi mengikat oksigen dengan baik. jika sudah begini maka tubuh akan menjadi sesak karena tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup. Pada tahap yang lebih parah lagi, penumpukan nikotin pada paru-paru dapat menyebabkan kanker paru-paru! Jadi sebisa mungkin hindarilah asap rokok, baik anda sebagai perokok maupun orang yang berada di sekitar perokok.

Nah itulah beberapa hal atau cara yang dapat anda lakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan alat pernapasan. Berberapa penyakit yang dapat menyerang alat pernapasan pada manusia berikut ini juga perlu kita ketahui.

Macam-macam penyakit yang dapat menyerang alat pernapasan manusia!

1.     Influenza
Influenza atau penyakit yang sering disebut flu ini adalah penyakit menular yang sering dialami oleh banyak orang. Orang akan mudah terserang penyakit influenza jika kondisi tubuhnya sedang lemah. Penyebaran/ penularan penyakit ini adalah melalui udara. Adapun gejala yang ditimbulkan penyakit influenza adalah:

·   Tubuh mengalami demam, sakit kepala dan nyeri otot.
·   Tenggorokan terasa sakit, kadang disertai batuk-batuk.
·   Hidung berair

2.     Flu burung
Flu burung berbeda dengan influenza biasa, flu burung disebabkan oleh virus yang hidup di saluran pencernaan unggas, seperti ayam. Jika masuk kedalam tubuh manusia, virus ini dapat menyebabkan sakit yang parah. Virus penyebab flu burung menular kepada manusia yang bersinggungan langsung dengan unggas yang terinfeksi virus itu. Selain itu, penularan bisa terjadi karena manusia menghirup udara yang berasal dari kotoran unggas yang telah mongering dan terbawa angin. Gejala yang timbul pada penderita flu burung adalah sebagai berikut.

·      Panas melebihi 38⁰C
·      Hidung berair
·      Sakit tenggorokan
·      Nyeri otot
·      Ganguan pada saluran pernapasan, seperti sesak napas atau batuk.

Penularan virus flu burung dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat (bergizi cukup) dan cukup beristirahat. Selain itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kebersihan diri. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setelah beraktivitas. Kita sebenarnya tidak perlu khawatir untuk makan daging ayam dan telurnya, asalkan ayam tersebut sehat dan dimasak dengan cara yang benar. Maka kita akan terhindar dari penyakit flu burung ini.

             3.     Pneumonia
Adalah penyakit radang paru-paru yang akut. Artinya penyakit radang paru-paru ini menyerang tiba tiba dan cepat cepat menjadi parah. Penyakit ini biasanya terjadi setelah penderita terkena penyakit campak, influenza, bonkitis, dan penyakit serius lainnya. Gejala penyakit pneumonia adalah;

·         Penderita sulit bernapas dengan nyaman, pernapasan terjadi dengan sangat cepat.
·         Timbul batuk yang sering disertai dengan darah atau lender kuning kehijauan.
·         Dada terasa nyeri Penderita pneumonia sebaikya dirawat di rumah sakit untuk mencegah komplikasi yang lebih parah.

4.     Tuberkulosis (TBC)
Kuman TBC paling sering menyerang paru-paru dan juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya. Gejala orang yang mengidap penyakit TBC adalah;

·      Sangat mudah letih, bahkan pada saat tidak bekerja
·      Berat badan terus menurun
·      Batuk-batuk yang berdahak disertai darah
·      Nyeri di bagian dada
·      Sering mengalami demam saat petang hari
·      Tubuh agak melengkung dan bahu agak naik

Dan setelah kita mengetahui macam-macamnya penyakit yang dapat menyerang alat pernapasan ini, semoga dapat menyadarkan kita bersama untuk dapat menerapkan pola dan cara yang dapat diterapkan dalam menjaga kesehatan alat pernapasan tersebut diatas.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian