Home » » Pengertian PETA Dan Bagian-bagian PETA

Pengertian PETA Dan Bagian-bagian PETA


Pengertian PETA Dan Bagian-bagian PETA. Peta merupakan gambar seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan ke suatu bidang datar dengan perbandingan atau skala tertentu. Gambaran permukaan bumi yang dilukiskan pada peta meliputi wilayah yang luas maupun wilayah sempit. Contoh peta menggambarkan wilayah luas adalah peta Indonesia atau peta pulau pulau seperti pulau Sumatra, jawa, Kalimantan, dan sebagainya. Sedangkat peta yang menggambarkan wilayah yang sempit antara lain peta desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/ kota dan provinsi.

Dalam menggambar peta harus mengetahui terlebih dahulu mengenai skala. Skala adalah perbandingan jaraj antara dua titik pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumu. Skala pada peta dapat berupa skala angka atau skala numeric dan skala garis atau grafis. Ada peta yang hanya menggunakan salah satu bentuk skala namun ada juga peta yang menggunakan sekaligus kedua bentuk skala tersebut.

Dalam sebuah peta terdapat beberapa syarat syarat umum yang harus ada pada peta diantaranya adalah; judul, garis, tepi, warna, legenda, dan skala.

1.      Judul peta
Adalah nama peta itu. Misalkan peta jawa barat, peta Kalimantan, atau nama tempat lainnya. Judul peta biasanya ditulis dengan ukuran huruf yang lebih besar dari pada huruf tulisan lainnya dalam peta.

2.      Garis tepi peta
Adalah batas-batas bagian tepi gambar dan berfungsi sebagai tempat angka-angka derajat astronomis suatu wilayah di permukaan bumi.

3.      Tata Warna
Fungsinya untuk memperjelas perbedaan antara satu tempat dengan tempat lainnya di alam sebenarnya. Misalkan: Biru menggambarkan laut, sungai, dan danau. Merah menggambarkan batas wilayah dan jalan raya. Hitam menggambarkan kota, gunung, jalan kereta api. Hijau menggambarkan dataran rendah. Kuning menggambarkan dataran tinggi, dan sebagainya.

4.      Legenda
Adalah keterangan gambar yang terdapat di dalam peta. Legenda ditetakkan di bagian bawah kiri atau kanan peta.

5.      Skala
Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di bumi. Misalkan skala peta provinsi 1 : 1.500.000 yang artinya 1 cm sama dengan 1.500.000 cm atau 15 km pada jarak sebenarnya.

Itulah pengertian peta dan bagian bagian pada peta, 5 bagian peta ini harus ada jika kita membuat peta.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian