-->
Home » » Penyakit Yang Menyerang Darah dan Alat Peredaran Darah

Penyakit Yang Menyerang Darah dan Alat Peredaran Darah


Penyakit Yang Menyerang Darah dan Alat Peredaran Darah. Darah dan alat peredaran darah dapat terserang berbagai penyakit seperti yang berikut ini.

1.      Anemia ( kekurangan darah )

Gejala anemia yang mudah dikenali adalah tubuh merasa lemah dan cepat lelah, kadang anggota tubuh mengalami kesemutan dan jantung berdebar-debar. Penyebab ini antara lain adalah;

·      Pendarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian dalam atau luar tubuh
·      Kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi.
·      Berbagai akibat dari penyakit lain, seperti kanker tulang dan berbagai infeksi

Anemia yang tidak parah dapat disembuhkan dengan makan makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung zat besi. Pada anemia yang parah, harus dilakukan transfuse darah.

2.      Leukemia

Penyakit ini terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak. Akibatnya keseimbangan komposisi darah terganggu. Gejala yang sering menyertai antara lain rasa lelah, lemah, dan kurang nafsu makan. Lama-kelamaan timbul nyeri di tulang dan terjadi pendarahan di kulit dan bagian tubuh lain. Penderita penyakit leukemia harus mendapat perawatan yang baik di rumah sakit.

3.      Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Penyakit ini ditunjukan dengan tingginya tekanan darah jika diukur dengan alat pengukur tekanan darh (tensimeter). Penyakit ini dapat mengakibatkan timbulnya lain seperti penyakit jantung, pembuluh darah otak, dan ginjal. Gejala yang timbul antara lain;

·         Terasa nyeri di kepala
·         Jantung berdebar debar
·         Sesak napas saat melakukan pekerjaan berat
·         Badan lemah dan kepala pusing

4.      Penyakit jantung bawaan

Penyakit ini sudah diderita sejak bayi masih dalam kandungan. Penyakit ini biasanya berupa kelainan pada katup jantung. Akibatnya, darah yang mengandung karbon dioksida bercampur dengan darah yang mengandung oksigen. Gejalanya antara lain penderita sering menderita infeksi pada salurah pernapasan. Selain itu pertumbuhan fisiknya terganngu, yaitu tubuhnya lebih kecil dibandingkan dengan orang sehat. Penyakit ini biasanya diatasi dengan melakukan operasi.

5.      Pembuluh nadi mengeras

Penyakit ini berupa dinding pembuluh nadi mengeras atau menebal. Hal-hal yang menyebabkannya antara lain kelebihan zat kapur, lemat, kolesterol, dan gula dalam tubuh. Penyakit ini dapat menyebabkan penyakit jantung, pendarahan otak (stroke), dan nyeri di tungkai. Untuk mencegah penyakit ini andah harus mengurangi makanan berlemak tinggi, terutama hewan. Berat badan yang berlebih juga harus dikurangi dengan melakukan diet yang di awasi dokter.

Dan itulah kelima macam penyakit yang menyerang alat peredarah darah pada manusia. Pola hidup sehat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga teratur terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk memelihara kesehatan alat peredaran darah, harus mengindari makanan berlemak tinggi. Lemak dapat menempel di dinding pembuluh darah sehingga mempersempit pembuluh darah. Penyempitan pembuluh dari ini dapat mengakibatkan penyakit jantung dan pendarahan otak. Oleh karena itu menbiasakan pola makan yang sehat. Kegiatan fisik, istirahat, dan olahraga yang teratur harus dilakukan dengan seimbang.

Memelihara kesehatan alat pembuluh darah dengan melakukan kegiatan fisik, istirahat, dan olahraga yang teratur, serta membiasakan pola makan yang sehat!

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...