-->
Home » » Susunan Lengkap Alat Pencernaan Manusia

Susunan Lengkap Alat Pencernaan Manusia


Susunan Lengkap Alat Pencernaan Manusia. Alat pencernaan makanan pada tubuh kita tersusun dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.. alat-alat pencernaan makanan tubuh kita bertugas untuk; menghancurkan makanan menjadi bentuk yang halus, menyerap zat-zat makanan yang larut sehingga masuk ke dalam darah, mengeluarkan dari tubuh zat-zat yang tidak dapat dicerna. Lebih lengkapnya, mari kita perlajari satu persatu alat pencernaan makanan dalam tubuh.

            1.      Rongga Mulut

Didalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan air ludah atau air liur. Gigi berguna untuk mengunyah makanan supaya menjadi halus. Sesuai dengan fungsinya, ada tiga macam gigi yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.. gigi seri berfungsi untuk memotong makanan, bentuk permukaannya menyerupai mata kapak. Gigi taring berfungsi merobek atau mengoyak makanan, bentuk permukaannya runcing, dan gigi geraham berfungsi menggilas makanan, bentuk permukaannya lebar dan bergelombang..

Dari rongga mulut, makanan dikunyah supaya lembut dan halus. Makanan menjadi halus jika dikunyah antara 20 sampai 30 kali kunyahan, tergantung jenis makanannya. Makanan yang liat dan berserat dikunyah lebih lama daripada yang lunak dan tidak berserat. Makanan yang belum dikunyah tentu tidak baik untuk ditelan. Sebab makanan belum bercampur dengan air ludah sehingga akan sulit dicerna.

Lidah terletak dibagian dasar rongga mulut, fungsi lidah adalah untuk mengatur letak makanan pada waktu mengunyah, membantu menelan makanan , dan mengecap rasa pada makanan. Permukaan lidah dapat mengecap 4 rasa dasar; yaitu manis, pahit, asam, dan asin. Didalam mulut juga terdapat 3 kelenjar ludah yang menghasilkan air ludah dan enzim amylase. Adapun fungsi enzim amylase ini adalah untuk mengubah zat tepung atau amilium manjadi zat gula. Itulah sebabnya mengapa nasi (mengandung amilium) yang kita kunyah lama kelamaan terasa manis.

2.      Kerongkongan

Kerongkongan adalah bagian saluran pencernaan yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Kerongkongan menyerupai tabung yang panjangnya sekitar 20 cm, mulai dari faring  (anak tekak) sampai lambung, didalam kerongkongan terjadi gerakan peristaltic. Yaitu gerakan meremas-remas yang dilakukan oleh dinding kerongkongan. Gerakan peristaltic inilah yang mengakitbatkan mekanan terdorong masuk ke lambung.

3.         Lambung

Lambung disebut juga perut besar. Lambung terletak didalam rongga perut sebelah kiri atas. Didalam lambung, makanan yang sudah dikunyah oleh gigi, dilumatkan lagi dengan pertolongan bermacam-mcam getah lambung. Getah lambung tersebut dihasilkan oleh dinding lambung. Getah lambung berguna untuk memecah makanan agar mudah diserap oleh pembuluh darah dan membunuh kuman yang terbawa oleh makanan. Getah lambung mengandung asam dan enzim berikut ini;

·            Enzim pepsin, berfungsi mengubah protein menjadi pepton.
·            Enzim renin, berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein.
·            Asam klorida, berfungsi membunuh kuman dan mengasamkan makanan.

4.      Usus Halus

Usus halus merupakan usus yang terpancang dari saluran pencernaan makanan. Penjangnya usus halus mencapai 6 hingga 7 meter. Di dalam usus halus terdapat berbagai macam cairan khusus yang membantu penyempurnaan pencernaan makanan. Usus halus terdiri dari 3 bagian, yaitu, usus dua belas , usus kosong, dan usus penyerapan.

§  Usus dua belas jari
Panjang usus dua belas jari kira-kira 25 cm atau sama dengan ukuran panjang dua belas jari tangan orang dewasa. Oleh karena itu disebut dengan usus dua belas jari. Makanan di dalam usus dua belas jari dicerna lagi dengan bantuan getah prankreas dan getah empedu. Getah pancreas dihasilkan oleh kelenjar prankreas. Adapun getah prankreas mengandung enzim-enzim sebagai berikut;

a)      Enzim amilase, berfungsi mengubah zat tepung  tepung menjadi zat gula
b)      Enzim tripsin, yang berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino.
c)      Enzim lipase, fungsinya menubah lemak  menjadi asam lemak.
Getah empedu dihasilkan oleh hati, getah empedu fungsinya adalah untuk mencerna lemak.

§  Usus kosong
Usus kosong terletak diantara usus dua belas jari dan usus penyerapan. Penjangnya sekitar 2.5 meter. Di dalam usus kosong masih terjadi proses pencernaan kimiawi. Dinding usus kosong mempunyai kelenjar yang menghasilkan getah pencernaan. Tetapi tidak sebanyak di usus dua belas jari.

§  Usus penyerapan
Sari makanan adalah makanan yang telah dicerna secara sempurna. Usus penyerapan merupakan tempat penyerapan sari-sari makanan. Terdapat ujung-ujung pembuluh darah pada saluran permukaan dinding usus. Kemudian darah membawa sari makanan tersebut ke seluruh bagian tubuh.

           5.      Usus Besar

Usus besar bersambungan dengan usus halus di rongga perut bagian bawah sebelah kanan. Usus besar terdiri dari usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Permulaan usus besar disebut usus buntu. Didalam usus buntu terdapat tambahan usus yang disebut umbai cacing. Bagian akhir usus besar adalah saluran yang bermuara di anus. Didalam usus besar sudah tidak terdapat penyerapan sari makanan, melainkan hanya penyerapan air. Disini terdapat bakteri pembusuk yang berguna bagi tubuh karena membusukkan ampas makanan sehingga mudah dibuang menjadi kotoran. Kotoran ini lalu keluar dari tubuh manusia melalui anus.

Nah, itulah urutan lengkap susunan dan peran alat alat pencernaan pada tubuh manusia dari mulai rongga mulut sampai ke usus besar…

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...