Home » » Faktor dan Ciri-ciri, Yang mempengaruhi Pertumbuhuan dan Perkembangan

Faktor dan Ciri-ciri, Yang mempengaruhi Pertumbuhuan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup.

1. Yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang berbeda. Dimana pertumbuhan merupakan proses bertambahnya volume atau ukuran sel yang tidak dapat kembali kebentuk semula sementara perkembangan adalah perubahan bentuk pada tingkat kedewasaan suatu organism yang bersifat kalitatif dan tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan.

Ciri cirri pertumbuhan dan perkembangan.

Ciri2 pertumbuhan adalah: 1) dapat diukur, seperti panjang, besar dan tingginya. 2) terjadi penambahan jumlah sel. 3) terjadi penambahan volume sel 4) terjadi perpanjangan sel.

Ciri2 perkembangan adalah: 1) tidak dapat diukur 2) mulai berfungsinya alat reproduksi 3) terjadi perubahan bentuk 4) terjadi proses pembentukan jaringan ) terjadi peningkatan fungsi organ atau jaringan tubuh, disebut juga dengan diferensiasi.

2.Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Macam2 pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan adalah sbb:

Pertumbuhan primer: yang dimaksud dengan pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer atau juga meristem apical (terdapat pada akar atau batang).

Pertumbuhan Sekunder: adalah pertumbuhan yang terjadi akibat dari pembelahan sel2 jaringan meristem sekunder (terdapat pada bagian tubuh batang atau akar) pertumbuhan membesar pada batang diakibatkan karena aktivitas cambium.

Faktor2 yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan, ada faktor luar dan faktor dalam

Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan diantaranya: auksin, giberelin, sitokinin, asam absisat, asam traumalin, dan kalin.

Faktor luar yang mempengaruhi diantaranya adalah: cahaya atau sinar matahari, suhu, kelembaban, dan jua air dan mineral, derajat keasaman atau ph tanah juga mempengaruhi.

Metagenesis, faktor luar lain yang mempengaruhi adalah metagenesis yang merupakan proses pergiliran keturunan antara tahan reproduksi seksual dan aseksual pada tumbuhan dan hewan yang disebut juga dengan daur hidup.

3. pertumbuhan dan perkembangan pada Hewan

Ada dua fase yang disebu dengan fase embrionik dan fase pasca embrionik. Fase embrionik adalah pertumbuhan dan perkembangan dari zigot sampai terbentuknya embrio. Tahap pada fase embrionik adalah: 1) zigot 2)morula 3) blastula 4) gastrula 5) organogenesis.

Semantara fase pasca embronik merupakan fase pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai sejak lahir atau menetas hingga hewan itu dewasa.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian