Home » » Perubahan wujud benda Mencair, Membeku, Menguap, Menyublim, Mengembun

Perubahan wujud benda Mencair, Membeku, Menguap, Menyublim, Mengembun


Perubahan wujud benda, mencair, membeku, menguap, menyublim, Mengembun. Mari kita kenal kembali bentuk bentuk berubahan wujud benda tersebut. Pada materi kali ini kita akan mengenal perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula. Berikut ini selengkapnya.

1.      Perubahan wujud benda dari padat menjadi Cair.
Pernahkan anda melihat orang memasak menggunakan mentega? Nah, wuju dari mentega itu adalah berbentuk padat. Tetapi saat terkena panas dari penggorengan maka akan meleleh, mentega tersebut akan menjadi cair saat dipanaskan.

Sama halnya juga dengan memakan es krim, anda mungkin pernah kerepotan ketika makan sebatang cokelat yang ada ditangan. Cokelat tersebut mudah sekali meleleh bila terkena panas dari tangan sehingga panas dapat menyebabkan perubahan wujud benda. Kedua contoh tersebut merupakan perubahan wujud benda yang disebut dengan mencair.

2.      Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat.
Kalau tadi adalah proses mencair, maka ini adalah sebaliknya. jika anda memasukkan sekantong air kedalam freezer, maka akan berubah menjadi beku. Freezer adalah ruang pembekuan dalam lemari es. Hal ini jelas merupakan perubahan bentuk benda dari yang cair berupa air tadi kemudian menjadi beku atau padat. Perubahan benda cair menjadi padat inilah yang disebut dengan membeku.

Contoh lain dapat diambil dari lemak misalnya, lemak akan berbentuk cair bila dipanaskan. Jika didingankan atau dibiarkan dalam suhu ruang, lemak berubah menjadi padat. Lemak (gajih) sapi akan tampak puti padat saat didinginkan dan ini juga merupakan contoh proses membeku.

3.      Perubahan wujud benda cari menjadi Gas
Apa saja benda gas itu? Disekitar kita banyak yang berbentuk gas, seperti udara, asap, maupun uap air yang terdapat pada saat air dipanaskan. Benda cair akan berubah menjadi benda gas saat dipanaskan dan perubahan ini disebut dengan menguap.contohnya pada saat memasak air maka akan ada uap yang merupakan benda gas ketika pemanasan air tersebut.

4.      Perubahan dari benda GAS menjadi Benda Cair.
Pernahkan anda memperhatikan bagian dari tutup gelas? Jika tutup gelas digunakan untuk menutup cangkir atau gelas berisi air panas sebut saja kopi atau teh, maka apa yang terjadi? Bukankan uap dari air panas yang ada dicangkir akan berubah menjadi butiran air pada tutup gelas tersebut? Perubahan wujud benda gas menjadi cair inilah yang disebut dengan Mengembun / kondensasi.

5.      Perubahan bentuk benda dari padat menjadi Gas.
Anda pasti tau kapur barus bukan? Nah, kapur barus ini adalah contoh benda padat yang dapat berubah menjadi gas bila dibiarkan di udara terbuka yang kemudian akan habis dengan sendirinya. Kapur barus menjadi gas menyebar ke udara dan perubahan inilah yang disebut dengan Menyublim.

Es kering juga langsung berubah menjadi benda gas jika diletakkan di ruang terbuka. Es kering biasanya digunakan untuk menjaga agar makanan tetap beku selama beberapa lama. Bahan dasar es kering bukanlah air, melainkan karbon dioksida pada. Es kering juga dipakai untuk menghasilkan efek asap di panggung pertunjukan.

Perubahan wujud benda, mencair, membeku, menguap, menyublim, Mengembun.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian