Home » » Pengertian, Jenis dan Alat Membuat Tekstil

Pengertian, Jenis dan Alat Membuat Tekstil


Pengertian, Jenis dan Alat Membuat Tekstil. Sebenarnya, apasih yang dimaksud dengan tekstil ini? Mungkin anda telah sering mendengar kata tekstil, tekstil sendiri berasal dari bahasa inggris “textile” atau tenun. Dalam bidang seni rupa tekstil dapat diartikan sebagai karya seni rupa yang terbentuk dari hasil persilangan atau anyaman antara benang vertical dan benang horizontal. Nah, pola anyaman tekstil inipun juga bervariasi diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengertian Tekstil

1 .Anyaman Polos
Anyaman ini adalah anyaman yang paling sederhana dan biasanya digunakan untuk membuat kain tenun. Pada anyaman polos ini benang yang digunakan bergerak ke kanan dan kiri menganyam selembar kain yang dibuat sehingga tercipta sebuah kain tenun.

2. anyaman kepnyar
Ini merupakan anyaman dasar yang kedua setelah anyaman polos. Dengan anyaman ini kain tenun yang dihasilkan jika diperhatikan akan terlihat garis miring pada permukaan kain yang muncul secara teratur.

3. anyaman satin
Anyaman satin anyaman dasar ketiga. Dimana pada anyaman satin permukaannya memiliki titik silang yang tidak teratur dan tidak bersinggungan antara satu dengan lainnya.

Bahan dan Alat Membuat Tekstil

1.Bahan Baku, bahan baku untuk membuat karya tekstil adalah benang (dari serat alam atau serat buatan) kemudian pewarna (antara lain naptol, zat warna direk, asam, basa, belerang, dispers, reaktif, belerang, dan bejana.

2. Alat tenun, alat tenun terdiri dari alat tenun tradisional atau disebut gedog, alat tenun bukan mesin (ATBM) dan alat tenun mesin (ATM).

Alat tenun tradisional atau gedog mempunyai kekurangan yang mana tidak bisa memproduksi kain tentun dengan cepat dan juga tidak bisa membuat menggunakan kain dengan ukuran yang terlalu panjang dan lebar.

Alat tenun yang bukan mesin atau ATBM merupakan pengembangan dari alat tenun tradisional yang mana dengan alat ini dapat menciptakan kain tenun dengan mutu yang lebih baik dan dapat memproses kain dengan ukuran yang panjang maupun lebar.

Yang terakhir adalah ATM atau alat tenun mesin alat ini merupakan alat yang digunakan oleh pabrik pabrik dengan skala produksi yang besar. ATM memilik banyak kelebihan dibandingkan dengan alat tenun tradisional maupun alat tenun bukan mesin. Dengan alat ini dapat dibuat kain tenun dengan cepat dan hasil yang rapi juga kuat.

Jenis Jenis Karya Tekstil
Ada banyak jenis hasil seni kriya tekstil ini diantaranya adalah sebagai berikut.

·      Kain tenun
·      Batik
·      Kain songket
·      Printing atau pencetakan
·      Menjahit
·      Border
·      Smock
·      Macramé 

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian