Home » » Ragam Macam-macam Karya Seni Rupa Nusantara, Masa Lampau dan Masa Baru

Ragam Macam-macam Karya Seni Rupa Nusantara, Masa Lampau dan Masa Baru


Ragam Macam-macam Karya Seni Rupa Nusantara. Dari waktu ke waktu karya seni rupa di negeri ini mengalami kemajuan dari karya seni rupa masa lampau atau masa lalu sampai pada masa sekarang ini atau masa kini. Dari masing masing macam karya seni rupa tersebut ada masing masing contohnya.

1.  Yang pertama adalah Ragam karya seni rupa nusantara masa lampau, apa saja jenis atau contohnya? Berikut ini adalah contoh contohnya,

-          Seni hias belanja dari perunggu
-          Seni hias nekara atau gendering dari perunggu
-          Seni hias keris
-          Seni hias kalamakara
-          Seni hias kaligrafi
-          Seni hias ukiran
-          Seni patung atau seni relief
-          Seni bangunan
-          Seni hias wayang
-          Seni hias kain
-          Seni lukis gua
-          Seni lukis kuno

Itu semua merupakan contoh dari hasil karya seni rupa di masa lampau.

2.      Seni rupa nusantara pada masa kini

Seni rupa masa baru atau masa kini berlangsung sejak adanya kedatangan bangsa eropa ke negeri ini karena perkembangan seni rupa masa kini banyak dipengaruhi oleh bangsa eropa tersebut. Apa saja jenis atau contoh seni rupa masa baru/ masa kini?

·   Seni kriya
Seni kriya atau seni kerajinan, mungkin anda sudah sering mendengarnya. Adalah sebuah usaha yang mengembangkan atau membuat sebuah kerajinan/ benda benda hasil kerajinan tangan. Seni kriya termasuk seni terapan. Jenis seni kriya ini paling banyak macamnya di nusantara diantaranya seperti seni anyaman, seni tekstik, seni keramik atau gerabah, seni ukiran dan pahatan.

·   Seni patung
Patung dapat diartikan sebagai benda yang dibuat dengan cara dipahat menyerupai bentuk manusia atau binatang, ada beberapa macam jenis patung seperti berikut ini

         -    Berdasarkan fungsinya, patung dikelompokkan menjadi: patung religi, patung monumental, patung dekorasi, patung arsitektur, patung seni.
         -    Kemudian berdasarkan bentuknya, ada patung dada, patung torso, patung kepala, patung lengkap.
         -    Berdasarkan coraknya,: patung realistis, patung deformatif, patung abstrak.

·      Seni bangungan
Seni bangungan sendiri adalah seni yang memiliki kegunaan dalam kehidupan manusia dan diterapkan dalam bentuk seperti: bangunan gedung, bangunan perkantoran, bangunan jembatan, bangunan museum.

·         Seni lukis
Tentunya anda sudah paham dengan jenis seni lukis ini, seni lukis merupakan seni yang berbentuk dua dimensi yang hanya dapat dilihat dari satu arah yaitu dari depan. Seni lukis juga memiliki beberapa aliran seperti: naturalism, realisme, empresionalisme, eksperesionisme, kubisme, surealisme, futurisme, dan abstrak.

·      Seni reklame
Reklame dapat diartikan sebagai seruan atau ajakan. Berdasarkan sifat dan tujuannya ada seni reklame komersial dan reklami sosial. Sementara itu berdasarkan media yang digunakan, reklame dapat dikelompokkan menjadi tiga macam diantaranya, reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

·      Seni grafika
Adalah seni yang mengungkapkan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada masyarakat luas. Seni grafis sebenarnya termasuk dalam seni desain, namun berdasarkan kematraanya termasuk dalam seni rupa dua dimensi.

Nah itu dia ragam seni rupa dinusantara disertai dengan contoh seni rupa masa lampau dan seni rupa masa baru atau masa kini.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian