Home » » Pola Pergerakan Angin Muson, Muson Timur dan Muson Barat

Pola Pergerakan Angin Muson, Muson Timur dan Muson Barat

Pola Pergerakan Angin Muson, Muson Timur dan Muson Barat. Angin muson, apa itu Angin muson? Angin muson ini disebut juga dengan Angin musim, angin ini berhembus setiap ½ tahun dan berganti arah. Di Indonesia terdapat musim hujan, musim kemarau, dan musim pancaroba, hal ini tidak lepas dari pola pergerakan angin muson/ Angin musim sehingga menyebabkan terjadinya pergantian musim tersebut. Nah, berikut ini adalah pola pergantian Angin muson di Indonesia yang juga disebut dengan Angin muson barat, Angin muson timur.

1.Pada bulan Mei-Oktober, benua Australia mengalami tekanan udara tinggi, sedangkan di benua Asia pada saat tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau. Peristiwa pergerakan Angin ini dikenal sebagai Angin muson timur.

2. Pada bulan November-April, benua Asia mengalami tekanan udara tinggi, sedangkan benua Australia mengalami tekanan udara rendah sehingga Angin berhembus dari benua Asia ke benua Australia. Pada saat tersebut, Indonesia mengalami musim hujan karena Angin dari daratan Asia banyak membawa uap air.

3. Pada bulan Maret-April dan September-Oktober terjadi musim pancaroba yaitu musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau pada bulan Maret-April dan dari musim kemarau ke musim hujan pada bulan September-Oktober.

Demikian penjelasan megenai pola pergerakan Angin muson di Indonesia, yang kemudian dinamakan Angin muson timur dan Angin muson barat. Pergerakan Angin muson tersebut juga menyebabkan perubahan musin di Indonesia, musim kemarau, musim hujan, dan musim pancaroba/ musim peralihan.

Pecarian terkait;
Angin  muson timur adalah
Angin muson barat adalah
Pola pergerakan angina muson di Indonesia

Angina muson

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian