Home » » PENGERTIAN DAN SIFAT-SIFAT GAYA MAGNET

PENGERTIAN DAN SIFAT-SIFAT GAYA MAGNET

 PENGERTIAN DAN SIFAT-SIFAT GAYA MAGNET _ Sebelum memasuki pembahasan gaya gravitasi, anda mungkin akan lebih dulu belajar mengenai gaya magnet. Jika berbicara mengenai gaya magnet, akan ada banyak bahasan yang bisa disampaikan pada artikel ini. Mulai dari pengertian gaya magnet, sifat-sifat gaya magnet yang terdiri dari: benda yang dapat ditarik oleh magnet, kekuatan gaya magnet, kutub-kutub magnet, kegunaan magnet, sampai dengan cara membuat magnet buatan.

Intermezzo:  “Magneto” adalah sosok superhero yang diperankan dalam film “X-men” dimana kemampuannya mengendalikan medan magnet dan manipulasi logam.

Pengertian Magnet

Kita sering menyebut gaya magnet, apa sebenarnya pengertian gaya magnet tersebut? Gaya magnet adalah gaya tarik menarik yang disebabkan oleh magnet. Tahukah anda? Bahwa istilah magnet itu berasal dari sebuah daerah kecil di Asia, “MAGNESIA” ditempat itu pertama kali orang menemukan sebuah batu yang mampu menarik besi, batu tersebut kemudian tergolong sebagai magnet alam. Dan inilah asal muasal istilah magnet yang kita kenal sekarang ini. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, manusia kemudian bisa memanfaatkan magnet tersebut dalam kehidupannya. Yaitu magnet buatan, yang bisa dengan mudah kita jumpai contonya saat ini sebut saja pengunci kotak pensil atau pengunci tas, Lemari Es dan lain sebagainya, pembahasan ini juga akan kita singgung pada “kegunaan magnet”. Jadi, ada magnet alam dan magnet buatan.

Sifat magnet, kita akan bahas mulai dari benda apa saja yang dapat ditarik dan tidak dapat ditarik oleh magnet, kekuatan gaya magnet, kutub magnet, kegunaan magnet, sampai cara membuat magnet sendiri. Berikut adalah sifat sifat gaya magnet tersebut

Magnet hanya bisa menarik benda tertentu

Pertanyaan yang terkait dengan bahasan ini; benda apa saja yang dapat ditarik oleh magnet?, benda apa saja yang tidak dapat ditarik oleh magnet?, terbuat dari bahan apakah benda-benda yang ditarik oleh magnet?, terbuat dari bahan apakah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet?

Berarti tidak semua benda bisa ditarik oleh gaya magnet. Ada benda yang bisa ditarik dan tidak bisa ditarik. Benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda yang terbuat dari logam tertentu yaitu besi, nikel, dan kobalt. Benda lain yang tidak terbuat dari salah satu logam tersebut tidak bisa ditarik magnet. Adapun sebutan benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda “magnetis” dan yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda tidak magnetis atau “non magnetis”.

Anda juga bisa melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan hal ini, diantara contoh bahan2 berikut mana saja yang bisa atau bersifat magnetis dan nonmagnetic;

·      Peniti
·      Paku paying
·      Klip kertas dari besi
·      Saputangan
·      Kertas
·      Karet penghapus
·      Pensil
·      Uang logam
·      Batu kerikil

Ketika anda melakukan percobaan dengan mendekatkan benda2 tersebut dengan magnet, anda pasti akan mengetahui mana saja yang termasuk benda magnetis atau dapat ditarik oleh magnet dan tidak/ nonmagnetis . anda mungkin juga langsung bisa menebak jawabannya tanpa harus melakukan percobaan.

Kekuatan GAYA MAGNET

Sifat gaya magnet selanjutnya adalah kekuatan gaya magnet. Hal yang menarik adalah; gaya magnet mampu menembus penghalang, yaitu benda nonmagnetis, namun hal ini dapat dipengarungi oleh beberapa hal. Jika berbicara mengenai kekuatan gaya magnet, apakah anda pernah melakukan percobaan menjalankan sendok diatas meja dengan sebuah magnet dibawahnya? Hal ini membuktikan adanya kekuatan gaya magnet yang bahkan mampu menembus sebuah penghalang. Lalu faktor apa saja yang mampu mempengaruhi kekuatan gaya magnet?

Gaya magnet dapat menembus benda nonmagnetis. Kekutan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh 1) ketebalan benda yang menjadi penghalang antara magnet dengan benda magnetis dan 2) jarak magnet dengan benda magnetis.

Tahukah anda, dimana gaya magnet yang paling kuat? Masih ingat bahwa magnet mempunyai kutub utara dan selatan? Dibagian inilah gaya magnet yang paling kuat. Demikian pula dengan magnet batang, gaya magnet terkuat berada pada kedua ujungnya/kutub. Kenapa gaya terkuat berada di kutub magnet?

Penjelasan ini juga akan sekaligus menjawab apa itu yang dimaksud garis magnet?. Daerah tertentu di sekitar magnet yang dipengahuri oleh gaya tarik magnet disebut medan magnet. Medan inilah yang menyebabkan terbentuknya pola tertentu. Pola tersebut disebut dengan garis-garis gaya magnet. Garis tersebut saling bertemu di ujung kedua kutub magnet.

MAGNET Memiliki Dua Kutub

Dua kutub magnet adalah:  kutub utara, biasanya diberi warna merah atau huruf N (North) dan Kutub selatan yang biasanya diberi warna biru atau huruf S (South). Kalau magnet bisa bergerak bebas, maka ada kutub yang menunjuk ke arah utara. Sifat inilah yang kemudian menjadi prinsip dasar dari kompas.

Masih ingat dengan pengertian magnet diatas? Adalah sebuah gaya tarik menarik yang disebabkan oleh magnet dan benda magnetis. Ternyata gaya tersebut buka hanya antara magnet dan benda yang bersifat magnetis, melainkan juga bisa antara magnet dengan magnet yang lain. Dalam hal ini anda akan menjumpai sifat magnet yang istimewa, apa dia? Jika anda mendekatkan dua kutub magnet yang senama, misal kutub magnet utara dengan kutub magnet utara pada magnet lain maka akan saling tolak menolak, begitu juga dengan kutub selatan. Namun, jika anda mendekatkan dua kutub magnet yang tidak senama, akan saling tarik menarik.

Kegunaan MAGNET

Apa fungsi magnet? Sudah disebutkan pada paragraph sebelumnya contohnya adalah kotak pensil yang menggunakan magnet, pengunci tas, Lemari Es. Dan ada banyak sekali kegunaan magnet yang lainnya. Magnet digunakan pada berbagai macam alat mulai dari alat sederhana sampai yang rumit. Contoh kegunaan magnet yang lain adalah pada dynamo sepeda, alarm pengaman  juga menggunakan magnet, sampai dengan alat berat yang digunakan untuk mengangkut benda-benda dari besi.

Cara Membuat MAGNET

Macam-macam magnet buatan saat ini ada yang berbentun jarum, huruf U, Tabung, Batang dan juga berbentuk Ladam (tapal kuda). Dalam pelajaran membuat magnet kali ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda mungkin sudah pernah atau bakalan beberapa cara membuat magnet berikut di sekolah. Membuat magnet ada beberapa cara yaitu dengan cara induksi, gosokan, dan aliran listrik.

Cara Induksi

Bagaimana itu cara pembuatan magnet dengan induksi? Jika anda pernah melakukan percobaan menempelkan paku pada magnet, maka pada saat itu paku tersebut memiliki sifat seperti magnet dan mampu menarik paku yang lainnya. Cara ini yang disebut dengan cara induksi. Dimana benda yang menempel pada magnet dapat menjadi bersifat seperti magnet. Benda tersebut dapat menarik benda magnetis lainnya. Sifat kemagnetan ini hanya berlangsung sementara, jika benda dilepaskan dari magnet maka sifat kemagnetannya akan hilang.

Cara Gosokan

Cara membuat magnet dengan gosokan sangat mudah. Kita hanya perlu menggosok-gosok besi atau baja dengan kutub sebuah magnet, semakin banyak gosokan tersebut maka sifat kemagnetannya akan semakin kuat. Sifat kemagnetan ini juga berlangsung sementara.

Cara Aliran Listrik

Selain dengan dua cara tersebut, magnet juga bisa dibuat dengan mengalirkan arus listrik, karena alus listrik dapat menghasilkan medan magnet. Masih sama dengan kedua cara sebelumnya, sifat kemagnetan pada benda yang dialiri listrik tersebut juga sementara, jika aliran listrik terputus maka sifat kemagnetannya akan hilang.


Nah, itu dia pembahasan kali ini mengenai pengertian gaya magnet, benda yang dapat ditarik oleh magnet, kekuatan gaya magnet, kegunaan magnet, cara membuat magnet..

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian