Home » » PROSES Tumbuhan Hijau Membuat Makanan

PROSES Tumbuhan Hijau Membuat Makanan



PROSES Tumbuhan Hijau Membuat Makanan _ mungkin anda sudah sering mendengar kata fotosintesis. Apa sebenarnya yang disebut dengan fotosintesis itu? Proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijaulah yang disebut dengan fotosintesis.  Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana proses tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri.

 Sumber: Fisiologi-pohon.com

Pertanyaan yang terkait dalam bahasan ini:

·      Cara tumbuhan hijau membuat makanan
·      Bagaimana tumbuhan hijau membuat makanan
·      Mengapa tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri
·      Agar bisa membuat makanannya sendiri tumbuhan hijau memerlukan
·      Mengapa tumbuhan hijau dikatakan sebagai makluk yang dapat membuat makanannya sendiri
·      Proses pembuatan makanan pada tumbuhan
·      Proses pembuat makanan pada tumbuhan disebut

Dalam prosesnya membuat makanan, tumbuhan memerlukan bahan-bahan, apa saja itu? Tumbuhan memerlukan air dan karbon dioksida. Keduanya ini sangat penting bagi tumbuhan untuk kemudian merubahnya menjadi makanan (karbohidrat) dengan bantuan cahaya matari sebagai sumber tenaga atau energinya. Setelahnya kemudian makanan di edarkan seleluruh tubuh tumbuhan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebagian juga disimpan sebagai cadangan makanan. Apa hasil lain dari proses fotosintes oleh tumbuhan hijau ini? Adalah oksigen yang dikeluarkan ke udara yang sebenarnya peristiwa ini juga menunjukkan betapa pentingnya tumbuhan sebagai penghasil oksigen yang selalu dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Mari kita urutkan bagaimana proses/ cara tumbuhan membuat makanannya sendiri.

Bahan yang diperlukan tumbuhan hijau untuk membuat makanan adalah: Air dan Karbon dioksida
Dalam proses pembuatan makanan, tumbuhan mengambil air dari dalam tanah lewat akar yang kemudian disalurkan oleh batang melalui pembuluh kayu dan disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan mulai dari ranting sampai ke daun. Sementara itu karbon dioksida masuk ke tubuh tumbuhan melalui stomata dan lintesel. Stomata adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada bagian bawah daun, sementara lintesel merupakan lubang kecil yang terdapat dibatang.

Selanjutnya, air dan karbon dioksida tersebut diolah menjadi makanan (karbohidrat) di daun yang mengandung klorofil. Dalam proses ini, cayaha matahari sangat diperlukan sebagai sumber energi bagi klorofil untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat dan okisgen. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari inilah yang kemudian disebut dengan fotosintesis.

Karena proses fotosintesis memerlukan bantuan cahaya, maka secara alami sebenarnya proses fotosintesis pada tumbuhan ini hanya terjadi pada siang hari saja. Benar bahwa cahaya lampu juga bisa digunakan untuk memberi energi pada proses fotosintesis, namun cahaya matahari jauh lebih besar dari pada engeri yang dihasilkan dari cahaya lampu. Seberapa besar sebenarnya pengaruh cayaha terhadap fotosintesis tumbuhan hijau? Tumbuhan yang memerlukan cayaha khususnya cayaha matari untuk berfotosintesis, harus mendapatkan cayaha yang cukup untuk pertumbuhannya.

Jika kebutuhan caya matahari tercukupi, maka tumbuhan tersebut akan berkembang dengan baik dan memiliki daun yang hijau. Sebaliknya, ditempat yang kurang mendapatkan cahaya matahari biasanya daun terlihat lebih pucat dan pertumbuhan pada tumbuhan tersebut tidak normal, yaitu mempunyai batang yang tinggi dan daun yang kecil.

Pada paragraf sebelumnya juga sudah disebutkan hasil dari fotosintesis itu sendiri selain menghasilkan karbohidrat (makanan) bagi tumbuhan, menghasilkan oksigen, untuk tumbuh dan berkembang, juga sebagian disimpan sebagai cadangan makanannya. Diantara tumbuhan tersebut ada yang menyimpan cadangan makanannya di umbi, di buah, di biji, atau di batang. Selengkapnya, mari lihat masing-masing contohnya

Contoh tumbuhan hijau yang menyimpan makanan cadangan di dalam umbi

·      Kentang
·      Wortel
·      Talas
·      Singkong
·      Bawang merah
·      Ubi jalar

Contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam buah

·      Avokad
·      Mangga
·      Jeruk
·      Apel
·      Nenas
·      Pisang
·      Pepaya
·      Durian
·      Anggur 

Contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam biji

·      Kacang tanah
·      Kacang kedelai
·      Kacang merah
·      Kacang hijau

Contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam batang

·      Tebu
·      Sagu

Itu dia pembahasan lengkap kali ini mengenai proses, tahapan tumbuhan hijau berfotosintesis atau membuat makanannya sendiri yang dilakukan di daun dengan bantuan cayaha matahari, tumbuhan mampu mengubah air dan karbon dioksida menjadi makanannya (karbohidrat) dan juga oksigen yang sejatinya dibutuhkan oleh manusia maupun hewan untuk bernapas.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian