Home » » Contoh-Contoh Batuan Beku, Batuan Sedimen, Batuan Metamorf

Contoh-Contoh Batuan Beku, Batuan Sedimen, Batuan Metamorf



Contoh-Contoh Batuan Beku, Batuan Sedimen, Batuan Metamorf _ Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai batuan beku, batuan Sedimen/ endapan, Batuan Metamorf/ Malihan pengertian, contoh, ciri utama, dan cara terbentuknya. Silahkan buka juga link artikel sebelumnya tentang Struktur BUMI supaya pembahasan kali ini lebih komprehensif, dan pembahasan kali ini berkaitan dengan macam macam batuan masih ada kaitannya dengan sturktur bumi yang kemarin sudah dibahas. Untuk lebih jelasnya, mari sedikit mereview kembali bagian dari struktur bumi.

Masih ingat dengan struktur bumi? Adalah lapisan lapisan yang membentuk bumi itu sendiri. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bahwa struktur bumi itu terdiri dari lapisan inti bumi dalam, lapisan inti bumi luar, mantel bumi, kerak bumi, dan juga atmosfer. Diantara lapisan atau struktur pembentuk bumi itu, dimanakah manusia dan mahluk hidup lainnya tinggal? Adalah struktur yang disebut dengan kerak bumi, tempat manusia dan mahluk hidup lain tinggal untuk menjalani hidupnya. Apa itu kerak bumi? Pada dasarnya, sebagian besar lapisan kerak bumi tersusun atas batuan. Ada tiga jenis batuan yang membentuk lapisan kerak bumi ini yaitu batuan beku, batuan sedimen atau endapan dan juga batuan metamorf atau malihan. Ketiga jenis batuan ini berperan dalam pembentukan kerak bumi. 

Tapi kalau dipikir pikir, bukankah lapisan teratas dari permukaan bumi adalah tanah? Ya, memang benar sekali. Tetapi sesungguhnya proses pembentukan tanah adalah dari batuan yang mengalami pelapukan. Pernah mendengar pelapukan fisika, pelapukan kimia, dan juga pelapukan biologi? Proses ini yang disebut dengan proses pembentukan tanah. Macam macam pelapukan batuan tersebut akan dibahas pada artikel berikutnya. Namun sebelum itu, tentu ada proses yang lebih dahulu terjadi, yaitu proses terbentuknya batuan batuan seperti halnya batuan beku, batuan sedimen/ endapan, dan juga batuan metamorf/ malihan yang dibedakan berdasarkan cara pembentukannya.


Apa Itu Batuan?/ Pengertian Batuan? Batuan adalah bahan dasar dalam terbentuknya lapisan (Kerak Bumi). Jenis jenis batuan jika dibedakan berdasarkan cara terbentuknya adalah batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Langsung saja kita bahas masing-masing dari ketiga jenis batuan tersebut dan juga contoh contohnya, ciri-ciri utama, dan cara terbentuknya.

Pengertian dan contoh Batuan Beku

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari proses pembekuan magma dan lava. Ketika mencapai ke permukaan bumi, magma dan lava mengalami pendinginan dan kemudian membeku menjadi batuan beku. Adapun contoh contoh dari batuan beku, ciri ciri, dan cara terbentuknya batuan beku adalah sebagai berikut.

·      Batu Apung

Batu apung memiliki ciri utama: wana keabu-abuan, berpori-pori, bergelembung, ringan, terapung dalam air. Cara terbentuknya batuan apung ini dari pendinginan magma yang bergelembung-gelembung gas. Kegunaan batu ini biasanya digunakan untuk meng ampelas

·      Batu Obsidian

Batu obsidian memiliki ciri ciri: hitam, seperti kaca, tidak ada kristal-kristal dan terbentuk dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat. Pada jaman dahulu batu ini dijadikan alat pemotong atau ujung tombak.

·      Batu Granit

Ciri ciri utama batu granit adalah: Terdapat kristal-kristal, warna putih sampai abu-abu, terkadang warna jingga. Cara terbentuk batu granit adalah pendinginan magma yang terjadi dengan lambat di bawah permukaan bumi. Batu granit biasanya dimanfaatkan untuk bahan bangunan

·      Batu Basal

Ciri-ciri: terdiri dari kristal yang sangat kecil, berwarna hijau keabu-abuan, dan memiliki lubang. Proses terbentuk dari pendinginan lava berupa gelembung gas yang telah menguap.

Pengertian dan Contoh Batuan Sedimen

Batuan sedimen atau yang disebut juga dengan batuan endapan, termasuk dalam 3 jenis batuan utama. Seperti namanya, batuan sedimen ini adalah batuan yang terbentuk dari proses pengendapan. Pengendapan yang terjadi adalah dari pelapukan dan pengikisan batuan yang dihanyutkan atau terbawa angin. Kemudian endapan menjadi keras karena adanya tekanan dan zat zat yang merekat pada bagian endapan tersebut. Contoh dari batuan sedimen atau endapan adalah batu konglomerat, batu pasir, batu serpih, batu gamping atau kapur, dan batu breksi. Sebagian besar dari kegunaan batuan tersebut adalah untuk bahan bangungan, sementara batu gamping atau batu kapur menjadi bahan dasar pembuatan semen.

·      Batu Konglomerat

Batu ini memiliki ciri-ciri: material dari kerikil kerikil bulat, batu-batu dan pasir yang merekat satu sama lainnya. Cara terbentuknya: dari bahan-bahan yang lepas-lepas yang terpadatkan dan terikat karena gaya beratnya

·      Batu Pasir

Ciri-ciri batu pasir: tersusun dari butir butir pasir, berwana abu-abu, kuning, merah. Cara terbentuknya: dari bahan-bahan yang lepas-lepas yang terpadatkan dan terikat karena gaya beratnya

·      Batu Serpih

Ciri batu serpih: lunak, baunya seperti tanah liat, butir-butir batuan halus, warna hijau, hitam, kuning, merah, abu-abu

·      Batu gamping (kapur)

Ciri ciri: agak lunak, warna putih keabu-abuan, membentuk gas karbon dioksida jika ditetesi asam. Terbentuknya batuan kapur adalah dari cangkang binatang lunak seperti siput, kerang, dan binatang laut yang telah mati.

·      Batu Breksi

Ciri-ciri: gabungan pecahan-pecahan yang berasal dari gunung berapi. Cara terbentuk: terbentuk dari bahan yang terlempar tinggi ke udara dan mengendap di suatu tempat.

Pengertian dan Contoh Batuan Metamorf

Batuan metamorf, atau yang disebut juga dengan batuan malihan adalah batuan yang terbentuk dari batuan sedimen dan batuan beku yang mengalami perubahan karena adanya tekanan dan panas. Adapun contoh-contoh/ yang termasuk dalam batuan metamorf adalah batu pualam dan juga batu sabak.

·      Batu Pualam

Batu pualam / batu marmer, adalah batu yang berasal dari batu kapur (gamping) yang mengalami perubahan karena adanya tekanan dan panas. Ciri-ciri: campuran warna yang berbeda-beda, dapat mempunyai pita-pita warna, kristalnya sedang sampai kasar, jika ditetesi asam mengeluarkan bunyi mendesis. Batu marmer digunakan sebagai lantai/ ubin.

·      Batu Sabak

Batu sabak terbentuk dari batu serpih yang mengalami perubahan suhu dan tekanan tinggi. Ciri-ciri: abu-abu kehijau-hijauan, dan hitam, dapat dibelah menjadi lempeng-lempeng tipis. Biasanya digunakan sebagai bahan bangunan termasuk genting.

Nah demikian pembahasan kali ini mengenai jenis jenis batuan yaitu batuan beku, batuan sedimen, batuan metamorf, pengertian, contoh, ciri-ciri, dan cara terbentuknya. Pada artikel berikutnya akan dibahas mengenai jenis pelapukan batuan, pelapukan fisika, pelapukan kimia, dan pelapukan biologi.

Google+ Followers

Pencarian