Home » » Proses Daur AIR dan Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Daur Air

Proses Daur AIR dan Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Daur Air



Proses Daur AIR dan Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Daur Air _ Masih ingat dengan bahasan sebelumya tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui? Air termasuk ke dalam contohnya, yaitu sumber daya alam yang tidak akan pernah habis. Kenapa demikian? Jawabannya ada dalam pembahasan kali ini berkaitan dengan “Daur Air”. Selain udara, air juga mempunyai siklus atau yang disebut dengan daur Air.. dengan sedemikian rupa pola siklus, proses daur air ini sehingga air selalu tersedia.

Air tentunya berperan penting dalam kehidupan manusia, kegunaannya sangat banyak mulai dari sebagai minuman, pembersih, bahkan sarana olahraga juga ada yang menggunakan air. Selanjutnya, kita akan membahas proses daur air.

Apa itu daur Air? Daur air adalah perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola. Dapat dijelaskan secara singkat siklus atau proses daur air adalah sebagai berikut.


Proses Daur Air: Penguapan Air => Pembentukan awan => Butiran air dalam awan semakin banyak => Menghasilkan Hujan

Air dipermukaan bumi akan menguap karena panas matahari, kemudian uap air tersebut naik ke tempat yang tinggi dan dingin menghasilkan awan, butiran air atau es yang cukup besar dalam awan akan jatuh ke tanah sebagai hujan, biasanya hujan terjadi karena adanya udara yang lebih panas dibawahnya. Begitulah proses daur air terjadi.

Selanjutnya, kegiatan apa yang dapat berpengaruh terhadap daur air? Daur air yang pada akhirnya menghasilkan hujan ini sejatinya menyuburkan bumi, tetapi apakah anda tau bahwa ada hujan yang dapat menyebabkan kerusakan? Apakah anda pernah mendengar tentang hujan asam?

Hujan asam terjadi ketika uap air bercampur dengan gas gas beracun membentuk asam. Gas beracun tersebut berasal dari gas buangan kendaraan bermotor dan mesin pabrik. Inilah pengaruh kegiatan manusia terhadap siklus air yang dapat mengakibatkan hujan asam. Untuk menghindari terjadinya hujan asam maka perlu untuk mengurangi pelepasan gas gas beracun ke udara. Selain lewat udara, pencemaran juga bisa terjadi pada limbah pabrik yang tidak memiliki sarana pengolahan limah, akibatnya air tercemar.

Peran kita dalam penghematan air sangat diperlukan untuk menghemat air bersih. Walaupun air termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui namun pada kenyataannya air bersih semakin sulit didapat. Kenapa hal ini terjadi? Pencemaran adalah penyebab utamanya. Dahulu masyarakat dapat memanfaatkan dan mengambil air bersih dengan mudah dari sungai ataupun sumur pompa, namun saat ini? Bahkan air bersih harus dibeli. Terlebih pada kota kota besar, kebanyakan air sudah tercemar. Adapun cara cara menghemat air adalah sebagai berikut;

·      Menutup keran air setelah menggunakannya
·      Usahakan mencuci pakaian setelah mencapai jumlah cukup banyak, agar lebih hemat air
·      Gunakan air bekas mencuci beras atau sayuran untuk menyiram tanaman
·      Usahakan tidak mencuci kendaraan setiap hari

Nah, itu dia pembahasan kali ini berkaitan dengan siklus atau daur air, maupun pengaruh kegiatan manusia terhadap daur air itu sendiri.

Google+ Followers

Pencarian