Home » » Cara Membuat Email atau Gmail

Cara Membuat Email atau Gmail


Cara membuat e-mail | E-mail atau email adalah singkatan dari Electronic Mail ( Surat Elektronik ), yaitu suatu pesan/surat yang yang dapat dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau bisa juga diakses melalui telepon seluler (Hp). Saat ini telah banyak penyedia layanan untuk membuat e-mail gratis, semisal YahooMail, GoogleMail, AIMMail, WindowsHotMail, Plasa.com dan masih banyak yang lainnya.

Dari sekian banyaknya penyedia layanan e-mail, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat e-mail di Gmail, layanan mail yang disediakan oleh Google. Kenapa Gmail? Karena dengan hanya satu e-mail saja, Anda bisa login ke semua layanan yang disediakan oleh Google, sebut saja Hangouts layanan chatting dari Google, Picasa layanan pengelola gambar dari Google, GoogleDrive, GoogleMaps, GoogleEarth, Bookmarks pada GoogleChrome, Google+, akun ponsel Android, GoogleSync untuk ponsel Anda, GoogleLatitude, GoogleWallet, akun blogspot layanan blogger milik Google, hingga Youtube, dan masih banyak layanan lain yang telah disediakan oleh Google dengan teknologi Single Sign On (SSO).

Berikut langkah-langkah cara membuat email.
1. Buka web browser anda lalu ketikkan/ masukkan alamat berikut: mail.google.com
 klik buat akun untuk mulai membuat email.  
 



















 2. Selanjutnya isi semua form pendaftaran mengenai data diri anda, pada form nama, isikan dengan nama depan dan nama belakang anda, untuk nama pengguna isikan dengan alamat yang ingin anda jadikan email,contoh mr.ridwan90@gmail.com itu adalah alamat email yang saya gunakan. usahakan anda membuat alamat email yang unik atau belum dipakai oleh orang lain, karna jika anda menggunakan alamat yang telah di gunakan orang lain, maka anda akan disarankan untuk mengganti/ merubah alamat tersebut.
 
Buat dan konfirmasikan sandi anda, gunakan minimal delapan karakter, anda dapat mengkombinasikan angka dan huruf. Selanjutnya isi tanggal, bulan, dan tahun serta gender sesuai dengan data diri anda, untuk ponsel silahkan anda isi dengan nomor telepon anda saat ini. pada " Alamat emat anda saat ini" silahkan isi dengan alamat email anda jika sebelumnya anda telah memiliki email. Jika anda belum memiliki email atau anda baru pertama kali membuat email silahkan kosongkan form tersebut, dengan cacatatan anda harus memasukkan nomor telepon yang valid ( aktif ) pada form "ponsel" sebelumnya. Hal ini deperlukan untuk memverifikasi/ mengkonfirmasikan kebenaran atas data data yang anda masukkan pada form pendaftaran dan juga untuk menyelaisaikan tahap akhir pembuatan email.

Selanjutnya masukkan kode verifikasi untuk melengkapi form pendaftaran email anda. Pilih lokasi Indonesia dan beri centang pada "Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi google". klik "Langkah Berikutnya" untuk menyelesaikan proses pendaftaran email.





Pada langkah berikutnya anda diminta untuk memverifikasi akun email anda melalui nomor telepon yang telah anda masukkan tadi, pilih pesan teks untuk memverifikasi melalui sms. Kemudian klik lanjutkan




Setelah anda mengklik "lanjutkan", anda akan segera menerima kode verifikasi yang dikirim oleh google ke
nomor telepon anda. Biasanya kode tersebut terdiri dari 6 angka. Masukkan kode tersebut dan klik "Lanjutkan"

 
Selesai, kini anda sudah memiliki akun gmail ( layanan mail milik Google ).





Itulah artiel saya tentang " bagaimana cara membuat email " semoga tutorial singkat ini bermanfaat dan dapat membantu teman-teman yang ingin atau berencana untuk membuat email. Silahkan bagikan artikel ini kepada teman-teman sobat dengan cara mengklik link share di bawah.



0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian