Home » » Pengertian, Fungsi dasar, dan Sasaran Sistem Operasi

Pengertian, Fungsi dasar, dan Sasaran Sistem Operasi

Pengertian, Fungsi dasar, dan Sasaran Sistem Operasi.

System operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian system operasi (OS) secara umum adalah pengelolaan seluruh sumber daya yang terdapat pada system komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (Sistem Call) kepada pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan, serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer dapat lebih optimal.

Fungsi Dasar
Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama yaitu: perangkat keras, program aplikasi, sistem operasi, dan pengguna. Sitem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Disamping itu  sistem operasi juga berfungsi sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Sasaran Sistem Operasi
Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu:
- Kenyamanan, membuat penggunaan komputer menjadi nyaman.
- Efisien, membuat penggunaan sumber daya sistem komputer menjadi efisien
- Mampu berevolusi, artinya sistem operasi harus di bangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengguna dalam pemanfaatan sumber daya yang terdapat pada sistem komputer.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian