-->
Home » » Sebutkan Macam-macam simbiosis dan Contohnya

Sebutkan Macam-macam simbiosis dan Contohnya

Sebutkan Macam-macam simbiosis dan Contohnya _ masih ingat dengan pelajaran simbiosis? apa itu simbiosis? Bagi anda yang saat ini mungkin sedang duduk di bangku SMP atau SMA, kalau kita ingat simbiosis ini merupakan pelajaran IPA yang sudah dipelajari di bangku SD, Pada pelajaran IPA atau Sains, simbiosis ini merupakan pelajaran yang sangat mudah diingat sebenarnya, Mari kita ingat ingat ulang, apa itu simbiosis? simbiosis adalah hubungan timbal balik antar sesama makluk hidup.

Ada 3 Macam Simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan Komensalisme. Apa saja perbedaan macam-macam simbiosis tersebut? nah, diabawah ini akan dijelaskan perbedaannya maupun juga contoh simbiosis tersebut. Simbiosis adalah hubungan antar makluk hidup dimana sejatinya saling memiliki ketergantungan satu sama lain. diantara hububungan tersebut,  ada yang menguntungkan salah satu sama lainnya, ada yang merugikan, ada juga yang diuntungkan dan tidak merugikan pihak lain. itulah yang kemudian disebut dengan simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

Sebutkan Macam-macam Simbiosis dan Contohnya

Macam-macam simbiosis dan contohnya adalah


Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antar makluk hidup yang saling menguntungkan, adapun contoh-contohnya adalah:

Hubungan Kerbau dengan Burung Jalak

kenapa hubungan kerbau dengan burung jalak disebut dengan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan? hal ini karena disamping burung jalak mendapatkan keuntungan berupa makanan dari kutu yang ada pada kerbau, kerbau juga merasa diuntungkan karena bebas dari kutu.

Selain contoh hubungan simbiosis mutualisme antara burung jalak dan kerbau, contoh lain adalah hubungan antara kupu-kupu dan bunga, dan juga lebah dengan bunga. dalam contoh ini, kupu-kupu maupun lebah dapat nektar atau madu dari bunga sebagai makanannya sementara itu bunga terbantu/ diuntungkan dalam proses penyerbukan.

Simbiosis Komensalisme

jika pada simbiosis mutualisme hubungan yang saling menuntungkan, pada Komensalisme satu pihak diuntungkan dan pihak lain tidak merasa dirugikan, seperti apa contohnya?

Hubungan antara hiu dan ikan remora

keuntungan didapat oleh ikan remora yang medapatkan makanan dari tubuh hiu sementara hiu tidak merasa dirugikan akan hal ini. contoh lain adalah hubungan antara tanaman sirih dengan inangnya, dimana sirih membutuhkan inang untuk berkembang tetapi tidak merugikan dimanapun tempat sirih tersebut menjalar.

Simbiosis Parasitisme

dari namanya anda mungkin sudah bisa menebak, simbiosis jenis ini satu pihak merasa diuntungkan dan yang lainnya merasa rugi. apa saja contohya/

Hubungan antara benalu dan inangnya

Benalu mendapatkan keuntungan berkat makanan yang diserapnya dari inang, sementara tumbuhan lain yang menjadi inangnya rugi. contoh lain adalah nyamuk yang menggigit manusia.

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...