Home » , » Macam-macam Kebutuhan Manusia

Macam-macam Kebutuhan Manusia

Macam-macam Kebutuhan Manusia

Manusia memiliki kebutuhan yang sangat banyak dan beragam, bahkan terus bertambah tidak ada habisnya. Bila satu macam kebutuhan telah terpenuhi, tentu akan datang lagi kebutuhan yang lain. Bahkan kebutuhan sering timbul dalam waktu yang bersamaan. Demikian banyaknya kebutuhan manusia sehingga dapat di golongkan menjadi berbagai macam kebutuhan manusia, sebagai berikut:

1. Kebutuhan Menurut Intensitasnya
Kebutuhan ini di pandang dari urgensinya (pentingnya) /mendesak atau tidaknya suatu kebutuhan bagi manusia. kebutuhan ini dikelompokkan menjadi tiga: kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tertier.

1). Kebutuhan Primer: yaitu kebutuhan manusia yang mutlak harus dipenuhi keberadaannya agar manusia tetap hidup dan bisa beraktifitas. Contoh dari kebutuhan ini ialah: makanan, pakaian, tempat tinggal, dan sebagainya.
2). Kebutuhan Sekunder: kebutuhan ini disebut juga kebutuhan kultural, yaitu kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok telah terpenuhi dengan baik. Contohnya seperti makanan yang bergizi dan enak, pakaian yang baik/ bagus, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum termasuk dalam kategori mewah.
3.) Kebutuhan Tertier: yaitu kebutuhan manusia yang ditujukan untuk kesenangan/ kemewahan hidup manusia.  Contohnya kebutuhan akan perhiasan, mobil mewah, rumah mewah, rekreasi, dan sebagainya.

2. Kebutuhan Menurut Sifatnya
Kebutuhan menurut sifatnya, yaitu suatu kebutuhan hidup manusia yang keberadaannya didasarkan menurut dampak/ pengaruhnya terhadap jasmani dan rohani. Dengan demikian kebutuhan menurut sifatnya dibagi menjadi:
1. Kebutuhan jasmani, meliputi makanan, minuman, pakaian, tidur, buang air, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Rohani, yaitu kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, beribadah, rekreasi, hiburan, dan lain-lain.

3. Kebutuhan Menurut Waktu
Kebutuhan yang dapat dibedakan antara kebutuhan sekarang dan kebutuhan pada waktu yang akan datang. Contoh dari kebutuhan sekarang adalah kebutuhan akan makan karna sangat lapar, pengobatan kecelakaan, payung disaat hujan, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh kebutuhan di waktu yang akan datang adalah tabungan hari tua, asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

4. Kebutuhan Menurut Wujud
Kebutuhan menurut wujud dibedakan menjadi dua yaitu:
1). kebutuhan material, yaitu kebutuhan berupa barang-barang yang dapat dilihat dan diraba, seperti buku, sepeda, komputer, dll.
2). Kebutuhan immaterial yaitu kebutuhan yang tidak berwujud. Keamanan, keadilan, kesehatan, dll.
5. Kebutuhan Menurut Subjek
Yaitu kebutuhan yang dibedakan menurut pihak-pihak yang membutuhkan. Kebutuhan tersebut meliputi:
1). Kebutuhan Individu, yaitu kebutuhan yang dapat dilihat dari segi orang yang membutuhkan. Contoh kebutuhan petani berbeda dengan seorang guru, dan sebagainya.
2). Kebutuhan Masyarakat, yaitu suatu kebutuhan yang digunakan secara bersama, seperti jalan umum, penerangan tempat umum, telepon umum, dan lain-lain.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian