Home » » Pengertian Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Pengertian Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Pengertian Produksi, Distribusi dan Konsumsi.

1. Produksi
Produksi adalah kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

- Jenis Produksi: produksi barang dan produksi jasa.

- Tujuan Produksi, tujuan produksi adalah memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Perlu diketahui bahwa dalam kegiatan produksi ada beberapa pihak yang terkait yaitu: pihak yang menghasilkan/memproduksi barang dan jasa yang disebut sebagai produsen dan pihak yang kedua adalah pihak menkonsumsi barang dan jasa yaitu komsumen.

2. Distribusi
Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen.

- Tujuan Distribusi, tujuan distribusi  adalah menyampaikan barang dan jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna/pemakai.

- Fungsi distribusi, fungsi distribusi adalah:
1. Memperlancar arus penyaluran barang dan jasa kepada pengguna. Pengguna dapat berupa produsen yang menggunakan bahan dasar maupun pengguna akhir
2. Menyampaikan barang dan jasa dari produsen sampai ke tangan pengguna.

- Saluran Distribusi, saluran distribusi dibedakan atas
1. saluran distribusi barang konsumsi
2. saluran distribusi hasil industri
3. saluran distribusi hasil pertanian

Konsumsi
Konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu benda dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya.

- Tujuan Konsumsi, tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, selanjutnya pihak-pihak yang melakukan kegiatan ekonomi itu disebut Pelaku Ekonomi.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian