Home » » Perbedaan Gempa Bumi Vulkanik Dan Gempa Bumi Tektonik

Perbedaan Gempa Bumi Vulkanik Dan Gempa Bumi Tektonik


Perbedaan Gempa Bumi Vulkanik Dan Gempa Bumi Tektonik. Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang dampaknya dapat mengakibatkan hancurnya gedung/ bangunan dan perumahan. Gempa bumi adalah gerakan atau goncangan lapisan permukaan bumi, kebanyakan gempa bumi berasal dari kerak bumi yang letaknya tidak jauh dari bawah lapisan tanah. Dampak gempa bumi dapat menimbulkan bencana yang cukup parah bagi wilayah yang mengalami gempa. Gempa juga dapat disebabkan oleh aktivitas guung api. Lalu apa perbedaanannya gemba bumi vulkanik dan tektonik? Berikut penjelasannya.

Yang disebut dengan gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi, sementara itu gempa bumi tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh aktivitas lempeng tektonik.

Gempa bumi juga bisa terjadi di dasar laut yang dapat meimbulkan gelombang pasang air laut yang besar, gelombang pasang air laut yang disebabkan oleh gempa bumi inilah yang disebut dengan tsunami. Diantaranya  Gelombang tsunami pernah terjadi adalah: saat Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 yang menelan korban 36.000 orang, letusan gunung Tambora pada 1815 yang menelan korban sebanyak 10.000 orang, letusan gunung Kelud tahun 1919 menelan korban 5.000 orang, dan Gelombang Tsunami yang diakibatkan gempa bumi Aceh pada tahun 2004 yang menelan korban lebih dari 150.000 jiwa.

Kekuatan gempa bumi dapat diukur dengan alat yang disebut dengan Seismograf.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian