Home » » Pengertian Lordosis, Kifosis, dan Skoliosis

Pengertian Lordosis, Kifosis, dan Skoliosis


Pengertian Lordosis, Kifosis, dan Skoliosis.  Ada beberapa macam gangguan pada tulang belakang manusia diantaranya adalah Lordosis kifosis dan skoliosis. Tidak lain penyebabnya adalah posisi atau sikap tubuh/ sikap duduk yang salah dan dalam jangka waktu yang panjang tentu hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tulang belakang. Karna dalam posisi tubuh yang salah bagian yang paling sering terkena gangguan adalah tulang belakang atau punggung, berikut adalah pengertian lordosis, kifosis, dan skoliosis.

1.      Lordosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke depan. Hal ini biasanya disebabkan oleh sikap duduk yang terlalu membusungkan dada ke depan.
2.      Kifosis, kedaaan dimana tulang punggung terlalu bengkok ke belakang. Hal ini biasanya disebabkan oleh sikap duduk dan berdiri yang sering membungkuk.
3.      Dan yang terakhir adalah skoliosis, adalah tulang punggung terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan disebabkan oleh sikap duduk yang serang pada posisi miring. Selain itu, sering mengangkat beban yang terlalu berat pada salah satu lengan atau bahu.

Agar bebas dari berbagai ganguan, hal hal berikut ini perlu anda lakukan dengan benar
.
1.      Usahakan agar punggung dalam posisi tegak ketika mengangkat beban dari lantai. Jadi, tekuklah lutut, bukan menekuk punggung.
2.      Usahakan agar tangan dan kiri membawa beban yang beratnya seimbang. Beban yang terlalu berat di salah satu lengan dapat membuat tulang punggung menderita skoliosis.
3.      Usahakan duduk dan berdiri selalu dalam posisi tegak, lagipula jika tubuh tegak, akan terlihat seimbang.
4.      Makan makanan bergizi dan olahraga secara teratur. Kesehatan tulang berkaitan erat dengan mutu makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegah anda terkena gangguan tulang seperti lordosis, kifosis, dan skoliosis yang telah disebutkan diatas maka mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, Kalsium, dan fosfor sangat diperlukan. Vitamin d banyak terdapat pada ikan, susu, dan kuning telur. Kalsium banyak terdapat pada susu, kacang-kacangan, ikan, dan buah. Fosfor terkandung pada ikan, jagung, dan kacang-kacangan.

Olahraga yang teratur juga dapat meperkuat struktur tulang. Alangkah baik jika anda berolahraga dibawah sinar matahari pagi, yaitu sekitar pukul 7 pagi. Sinar matahari membantu mengubah pro vitamin D di tubuh menjadi vitamin D.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian