Home » » Pasar Menurut Waktu Bertemu Penjual Pembeli ,Luasnya Kegiatan Distribusi, Fisik Pasar, Bentuk dan Strukturnya.

Pasar Menurut Waktu Bertemu Penjual Pembeli ,Luasnya Kegiatan Distribusi, Fisik Pasar, Bentuk dan Strukturnya.


Pasar Menurut Waktu Bertemu Penjual Pembeli ,Luasnya Kegiatan Distribusi, Fisik Pasar, Bentuk dan Strukturnya.

Pasar menurut waktu bertemunya penjual dan pembeli

Terdapat pasar kaget, pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan.

Pasar Kaget adalah pasar sesaat yang terjadi ketika terdapat sebuah keramaian atau perayaan. Contoh pasar kaget adalah saat merayakan ulang tahun suatu daerah terdapat pasar malam, dan sebagainya,

Pasar harian adalah kegiatan pertemuan antara penjual dan pembeli yang berlangsung setiap hari dan barang barang yang diperjualbeikan merupakan barang barang kebutuhan sehari2. Contonya pasar sayur mayur, pasar beras, pasar buah, dan pasar daging.

Pasar mingguan adalah ketgiatan pertemuan antara penjual dan pembeli yang berlangsung seminggu sekali. Contohnya adalah pasar keliwon, pasar pon, pasar wage, pasar pahing dan pasar legi.

Pasar bulanan diselenggarakan sebulan sekali contohnya adalah pasar hewan

Pasar tahunan diselenggarakan sekali dalam setahun dilakukan pada saat hari hari besar contonnya pasar pekan raya Jakarta, pasar malam sekaten di Surakarta dan Yogyakarta dan pekan semalam dilaksanakan setiap bulan syawal.

Pasar menurut luasnya kegiatan distribusi

Pasar setempat
Pasar setempat adalah kegiatan pertemuan penjual dan pembeli yang hanya meliputi tempat tertentu, barang yang dijual adalah barang konsumsi atau keperluan sehari hari, disebut juga dengan pasar lokal. Contoh, pasar sayur mayur di Tawangmangu, pasar ikan, dan pasar buah di Malang.

Pasar daerah
Pasar dareah adalah kegiatan pertemuan penjual dan pembeli yang meliputi wilayah tertentu seperti wilayah kabupaten atau provinsi. Contoh pasarnya adalah pasar johar, pasar baru, pasar klewer.

Pasar nasional
Merupakan kegiatan pasar yang meliputi wilayah suatu Negara, barang yang diperjual beilikan adalah barang konsumsi, barang produksi, surat berharga, saham, valuta asing, dan modal. Contoh, pasar modal, pasar valas, dan pasar bahan mentah.

Pasar internasional,
adalah kegiatan pasar dari berbagai Negara di seluruh dunia. Barang yang diperdagangkan berupa komoditi yang diminati konsumen internasional. Seperti pasar karet di new York, pasar tembakau di Bremen, Pasar intan di Amsterdam, pasar minyak bumi di Uni Emirat Arab, dan pasar kopi dan Sao Paulo.

Pasar Menurut Fisik Pasar

Pasar konkrit atau pasar nyata
Merupakan tempat pertemuan penjual pembeli yang dilakukan secara langsung dengan adanya tawar menawar.

Pasar abstrak atau pasar tidak nyata
Merupakan pasar yang jual beli barangnya dilakukan berdasarkan contoh yang kualitasnya sudah ditentukan. Barang yang dijualnya pun tidak tersedia ditempat. Transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli juga tidak harus bertemu secara langsung.

Pasar Menurut Bentuk Dan Strukturnya

Pasar persaingan sempurna
Disebut juga dengan pasar persaingan murni adalah pasar dimana banyak penjual dan pembeli yang sama sama mengetahui keadaan pasar
.
Pasar persaingan tidak sempurna
Adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Terdiri dari sedikit penjual dan pembeli, pasar ini penjual menentukan harga barang. Barang yang diperjual belikan juga macam macam. Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa bentuk seperti pasar monopoli, pasar persaingan monopolitis, pasar oligopoli, dan pasar monopsoni.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian