Home » » SUMBER DAYA ALAM Yang Tidak Dapat Diperbaharui, Pengertian dan Contohnya

SUMBER DAYA ALAM Yang Tidak Dapat Diperbaharui, Pengertian dan Contohnya



SUMBER DAYA ALAM YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI, Pengertian dan Contohnya _ pembahasan tentang sumber daya alam  tidak luput dari mata pelajaran sains kita. Dari awal kamu akan dikenalkan dengan yang namanya sumber daya alam, setelah sebelumnya kamu juga sudah mengetahui berbagai sumber daya alam yang ada dan digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebelumnya kita sudah sering bukan, mendengar kata SUMBER DAYA ALAM atau yang lebih sering disingkat dengan SDA. SDA atau Sumber Daya Alam terbagi menjadi 2 macam yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbaharui. Fokus kita kali ini adalah mengenai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, contohnya dan pengertiannya. Namun sebelum itu, mari review kembali apa itu pengertian SUMBER DAYA ALAM, berikut uraian selengkapnya.

 Sumber: www.harnas.co
 
Pengertian Sumber daya alam

Apa sebenarnya defenisi atau pengertian dari SUMBER DAYA ALAM itu sendiri? Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari ALAM ini dan digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanpa adanya sumber daya alam, manusia akan kesulitan dan bahkan tidak dapat bertahan hidup. Kalau kita berbicara mengenai contoh sumber daya alam, baik itu yang dapat diperbaharui, atau yang tidak dapat diperbarui maka contohnya sangat banyak sekali. Ada udara, air, hutan, hewan, tumbuhan, sinar matahari, minyak bumi dan lain sebagainya. Namun dalam pembahasan kali ini, kita akan dapat membedakannya menjadi 2 bagian, pengertian dan contoh dari masing-masing sumber daya alam tersebut. Kali ini, seperti judul “SUMBER DAYA ALAM YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI, Pengertian dan Contohnya” kita akan bahas yang ini dulu.

Perbedaan Sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui

Sebelumnya, apakah terdapat perbedaan antara keduanya? Tentu saja berbeda. Dari contoh dan pengertiannya, kita temui perbedaan antara SDA yang dapat diperbarui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam/ disingkat SDA yang dapat diperbarui adalah segala sumber daya alam yang tidak akan pernah habis walaupun kita selalu menggunakannya. Sementara SDA yang tidak dapat diperbarui adalah SDA Yang jika secara terus menerus manusia menggunakannya, tidak membatasi penggunaan, Sumber daya tersebut akan habis.

PENGERTIAN dan Contoh, Sumber Daya Alam Yang Tidak dapat diperbarui.

Lanjut ke contoh dan pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Pada paragraf diatas kita sudah singgung mengenai pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. PENGERTIAN Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui ADALAH Sumber daya alam yang lama kelamaan Persediaannya akan habis jika digunakan terus menerus. Sebenarnya SDA ini dapat dihasilkan oleh alam, namun butuh waktu yang sangat lama, sementara jika dipergunakan secara terus menerus dalam waktu singkat sudah pasti akan habis. Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini adalah berbagai macam bahan tambang. Berikut selengkapnya, Contoh SDA yant tidak dapat diperbarui.

Batu Bara

Dihasilkan dari proses yang sangat lama memakan waktu hingga jutaan tahun lamanya, batu bara ini terbentuk dari penimbunan dan pembusukan sisa tumbuhan. Digunakan oleh manusia sebagai bahan bakar yang penting. Untuk bahan bakar lokomotif kuno, pabrik-pabrik dan rumah-rumah.

Minyak bumi

Dari aktifitas penambangan, manusia dapat mengambil persediaan minyak bumi untuk kebutuhannya sehari hari. Minyak bumi terbentuk dari jasat renik laut dan hewan yang tertimbun salama jutaan tahun lamanya. Minyak bumi diambil dari proses pengeboran minyak yang kemudian menghasilkan minyak mentah. Melalui pengolahan dan penyulingan dihasilkan berbagai bahan bahan yang kita kenal sebagai berikut;

·      Bensin
·      Kerosin/ Minyak tanah
·      Vaselin
·      Parafin
·      Solar
·      Oli
·      Aspal

Berbagai Jenis Logam

Berbagai jenis logam yang kita kenal selama ini juga merupakan contoh sumber daya alam yang dapat habis, atau tidak dapat diperbarui. Contoh jenis logam yang dimaksud adalah Aluminium, Besi, Emas, perak, Platina, Nikel, Tembaga. Yang sangat erat kaitannya dengan kebutuhan manusia mulai dari untuk bahan bangungan, alat transportasi, perhiasan dan lain lain.

Itu dia pembahasan kali ini yang berkaitan dengan sumber daya alam  yang tidak dapat diperbarui, pengeritan dan contohnya. Pada pembahasan selanjutnya, kita akan bahas mengenai pengertian dan contoh contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Google+ Followers

Pencarian