Home » » Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhi Ekosistem

Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhi Ekosistem



Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhi Ekosistem _ apa saja kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem? Penebangan dan pembakaran hutan? Perburuan liar? Penggunaan bahan kimia, perusakan terumbu karang? Semuanya termasuk hal hal yang dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem di alam. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penebangan dan pembakaran Hutan

Penebangan  dan pembakaran hutan adalah  salah satu contoh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem/ merusak ekosistem Hutan. Kenapa demikian? Ada banyak dampak buruk jika penebangan dan pembakaran hutan terus dilakukan.

Manusia menebang hutan untuk diambil kayunya, dimanfaatkan untuk banyak keperluan seperti pembuatan kertas. Pembakaran juga kerap dilakukan untuk pembukaan lahan. Namun dampak dari kegiatan ini sangat mempengaruhi keseimbangan ekosistem sebab hutan adalah tempat tinggal berbagai jenis hewan.

Jika hutan tandus hilanglah tempat tinggal dan sumber makanan berbagai jenis hewan. Selain itu jika lagi ada tumbuh-tumbuhan tidak ada lagi penahan air ketika hujan, longsor, dan banjir di daearah hilir akan terjadi.

Penggunaan Pupuk Dan Pestisida secara Berlebihan

Penggunaan bahan kimia seperti pupuk dan pestisida juga dapat menggangu ekosistem yang ada. Utamanya mempengaruhi berbagai hewan pemakan tanaman, zat kimia masuk kedalam tubuh hewan tersebut. Selain itu zat kimia pupuk dan pestisida dapat terbawa air ke sungai dan mencemari sungai dan berbagai hewan air.

Perburuan Liar

Berburu adalah kegiatan yang sering dilakukan manusia sejak dulu. Namun perburuan liar yang tak terkendali dapat mengurangi populasi hewan yang ada didalamnya. Umumnya manusia melakukan perburuan liar untuk mengkonsumsi daging hewan atau memanfaatkan kulitnya. Harimau sering dimanfaatkan kulitnya, namun jika sampai satu jenis harimau punah, hewan hewan yang dimangsanya seperti rusa akan berkembangbiak dengan pesat, namun bisa mati kelaparan karena kehabisan makanan.

Perusakan Terumbu Karang

Cara manusia mencari ikan dengan bahan peledak dapat merusak terumbu karang, kadang terumbu karang juga sengaja diambil untuk dijual. Tetapi kegiatan ini sangat dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem di laut. Karena ikan kehilangan tempat tinggal, tempat mencari makan, dan tentu saja merusak keberadaan terumbu karang.

Pembangunan Industri

Pembangunan industri atau pabrik dilakukan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Tapi bagaimana pabrik dapat merusak ekosistem? Tentu saja dari limbah pabrik tersebut. Ketika limbah dibuang ke sungai dapat mencemari air, membunuh ikan dan hewan air lainnya juga dapat mencemari laut jika air limbah tersebut sampai ke laut.

Demikian informasi mengenai berbagai kegiatan manusia yang ternyata dapat merusak ekosistem/ keseimbangan ekosistem.

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog