Home » » Penyebab konflik

Penyebab konflik



Penyebab konflik
1.Perbedaan antar individu
Seorang anak ingin melanjutkan ke sekolah music, sementara orang tua mendambakan anaknya kuliah ekonomi. Peristiwa diatas dapat terjadi karna andanya perbedaan antar individu, jika antar individu yang masih dalam satu keluarga saja dapat terlibat konflik, apalagi antar individu dengan individu lainnya yang tidak ada hubungan darah.
2.Perbedaan kebudayaan
Perbedaan kebudayaan antara orang Eropa yang datang ke benua Amerika dan orang Indian yang merupakan penduduk asli menyebabkan terjadinya konflik sampai menelan korban jiwa. Semaking lama semakin banyak orang Eropa yang hijrah ke Amerika sehingga penduduk asli Amerika kemudian ditempatkan dalam suatu perkampungan khusus. Akhirnya terjadi dominasi orang Eropa kulit putih terhadap orang Indian.
3.Perbedaan kepentingan
Perbedaan kepentingan antar individu maupun kelompok juga dapat memicu konflik, setiap orang atau kelompok tentu memiliki kebutuhan dan kepentingan. Sedang orang lain atau kelompok lainpun memiliki kepentingan dan kebutuhan sendiri. Perbedaan tersebut kemudian berbenturan dan menjadi konflik.
4.Perbedaan Sosial
Perbedaan social di masyarakat mengakibatkan timbulnya konflik. Contohnya berkembangnya perkotaan menyebabkan lahan perumahan dan pertanian menjadi sempit, hal ini bisa mendatangkan konflik antar anggota keluarga akibat memperebutkan tanah warisan. Contoh lain, perubahan pandangan terhadap nilai perkawinan bisa menyebabkan konflik antar denerasi muda dengan generasi tua.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian