-->
Home » » Apa ITU PERATURAN, Contoh Peraturan/ Pengertian Peraturan

Apa ITU PERATURAN, Contoh Peraturan/ Pengertian Peraturan



Apa ITU PERATURAN, Contoh Peraturan/ Pengertian Peraturan _ sebenarnya, apasih pengertian dari peraturan itu? Dimana saja kita dapat menjumpai yang namanya aturan, contoh aturan begitu banyak. Tentulah kalau kita tidak mengetahui pengertian peraturan itu sendiri, kita tidak dapat mengikuti atau menerapkannya pada diri sendiri dengan benar. Pada bahasan ini, kamu akan mengetahui pengertian peraturan dan contoh aturan yang ada mulai dari peraturan yang ada pada lingkungan sampai pada lingkungan yang lebih luas.

Apakah Peraturan itu? Peraturan adalah tindakan yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan. Setiap tempat memiliki peraturannya sendiri, dari contoh yang kecil saja, dirumah misalnya. Bahkan dirumah juga ada peraturan, apa contohnya? Misalnya adalah peraturan harus mencuci piring sendiri setelah makan, harus membereskan tempat tidur setelah bangun tidur, menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya.

Itu baru contoh peraturan yang ada di rumah, di lingkungan masyarakat sendiri terdapat juga peraturan yang diperuntukkan bagi anggota masyarakat. Contoh peraturan yang terdapat di masyarakat adalah: setiap warga RT harus melaporkan tamu mereka yang menginap kepada ketua RT. Ada juga peraturan untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mereka.

Disekolah, kita juga menjumpai yang namanya peraturan, contohnya saja semua siswa harus berpakian seragam sesuai dengan pakaian yang telah ditentukan. Peraturan tidak boleh ribut dikelas, peraturan tidak boleh terlambat, peraturan untuk piket, peraturan dimana siswa laki-laki tidak boleh berambut gondrong, peraturan tidak boleh membawa hp ke sekolah dan banyak lagi.

Sangat banyak contoh peraturan yang ada, selain yang telah disebutkan tadi terdapat juga peraturan lain seperti peraturan kantor, peraturan lalu lintas, peraturan pemerintah dan lain sebagainya.

Jika kita berbicara mengenai peraturan, anda juga tentunya mengenal yang disebut dengan peraturan pusat dan peraturan daerah. Lalu apa pengertian peraturan pusat dan pengertian peraturan daerah tersebut?

Pengertian peraturan pusat adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat yang berlaku secara nasional. Dimana peraturan ini haruslah dijalankan dan ditaati oleh seluruh warga maupun pemerintah daerah. Contoh peraturan pusat adalah peraturan yang ada dalam undang-undang, peraturan pemerintah pengganti undang-undang, ketetapan MPR, peraturan pemerintah, Keputusan presiden, dan juga intruksi menteri.

Pengertian peraturan Daerah adalah peraturan yang dibuat oleh lembaga-lembaga berwenang yang ada di daerah baik daerah tingkat I maupun tingkat II. Lembaga yang dimaksudkan seperti DPR, Gubernur, Bupati, dan Walikota. Contohnya peraturan daerah provinsi, peratura daerah kabupaten, maupun PERDES atau peraturan desa.

Itu dia pembahasan kali ini berkaitan dengan apa itu peraturan, pengertian peraturan dan contoh peraturan. Dari pembahasan ini mungkin anda akan lebih memahami mengenai peraturan. Pada bahasan selanjutnya kita akan mengulas macam-macam peraturan yang berlaku di indonesia mulai dari peraturan yang tertinggi sampai dengan peraturan daerah.

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...