Home » » Faktor-Faktor Produksi dan Tujuan Produksi

Faktor-Faktor Produksi dan Tujuan Produksi



Faktor-Faktor Produksi dan Tujuan Produksi _  dalam prosesnya, kegiatan produksi memerlukan segala sesuatunya untuk menciptakan sebuah barang atas jasa, segala sesuatu yang dibutuhkan seperti kekayaan dari alam, tenaga kerja, modal dan juga keahlian merupakan Faktor-faktor produksi. Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa saja 4 faktor dalam kegiatan produksi, mari simak pengertian produksi terlebih dahulu.

Pengertian Produksi

Apa itu produksi? Kegiatan menciptakan atau membuat suatu barang sering kita sebut dengan produksi. Jika berbicara soal produksi mungkin akan langsung terbanyang oleh kita sebuah pabrik yang sedang merakit mobil, pembuatan kecap, dan barang lainnya. Ini merupakan sebagian dari kegiatan produksi. Pengertian produksi adalah; Kegiatan menambah faedah atau kegunaan suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Apa tujuan produksi: jika secara umum kita dapat mengatakan bahwa tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Secara khusus, kita juga bisa melihat tujuan produksi dari pihak produsen dan konsumen. Tujuan produksi dari pihak produsen adalah untuk meningkatkan keuntungan serta menjaga kesinambungan perusahaan. Sedangkan bagi konsumen tidak lain untuk menyediakan berbagai benda pemuas kebutuhan.

Faktor-faktor dalam Produksi

Seperti telah disebutkan tadi dalam proses produksi pastilah memerlukan banyak hal sebagai pendukung. Untuk mencapai satu tujuan yaitu menghasilkan suatu barang atau jasa, 4 faktor produksi harus terpenuhi. Apa saja faktor faktor produksi tersebut? Adalah faktor produksi alam, faktor produksi tenaga kerja, faktor produksi modal, dan faktor produksi keahlian.

Dalam faktor produksi yang telah disebutkan tadi, ada yang disebut dengan faktor produksi asli dan faktor produksi turunan. Faktor faktor pendukung yang paling penting dalam produksi yaitu faktor produksi alam dan tenaga kerja masuk dalam faktor produksi asli sedangkan dua faktor lainnya seperti modal dan keahlian termasuk faktor produksi turunan. Mari kita jabarkan satu persatu.

Faktor Produksi Alam

Adalah segala kekayaan yang terdapat di alam semesta yang dapat digunakan dalam proses produksi. Contohnya adalah air, sinar matahari, udara, dan juga barang tambang. Semua kekayaan alam merupakan pemberian tuhan yang sudah ada sejak dulu, sehingga faktor produksi alam ini disebut juga dengan faktor produksi asli

Faktor Produksi Tenaga Kerja

Tidak kalah penting dengan faktor produksi lain. Kenapa demikian? tenaga kerja merupakan faktor produksi insani yang secara langsung maupun tidak langsung menggerakkan atau menjalankan suatu proses produksi. Tidak terkecuali dalam tenaga kerja kehadiran mesin mesin yang membantu pekerjaan manusia, tetap saja keberadaan manusia mutlak dibutuhkan.

Faktor Produksi Modal

Kenapa ada faktor modal? Dalam produksi disamping harus ada faktor produksi alam dan tenaga kerja juga memerlukan faktor lain berupa peralatan. Segala peralatan yang dibuhkan untuk kegiatan produksi termasuk dalam modal. Yaitu benda benda hasil produksi yang digunakan untuk proses produksi untuk barang barang dan jasa jasa lain.

Faktor Produksi Keahlian

Yang ke 4 dan termasuk dalam kategori faktor produksi turunan adalah keahlian atau Skill. Faktor yang satu ini juga penting. Sebaik baiknya ketiga faktor diatas jika tidak dilengkapi dengan entrepreneurship yang bagus maka tetap hasilnya tidak maksimal. Faktor keahlian berperan dalam mengoordinasikan faktor faktor produksi agar produktivitas meningkat.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian