Home » » Jenis Pelapukan Batuan/ Pelapukan Fisika, Pelapukan Kimia, Pelapukan Biologi

Jenis Pelapukan Batuan/ Pelapukan Fisika, Pelapukan Kimia, Pelapukan Biologi



Jenis Pelapukan Batuan/ Pelapukan Fisika, Pelapukan Kimia, Pelapukan Biologi _  jika sebelumnya kita sudah membahas tentang macam macam jenis batuan yang dibedakan berdasarkan cara terbentuknya diantaranya adalah batuan beku, batuan sedimen, dan juga batuan metamorf. Kali ini masih dalam proses pembentukan tanah yaitu macam-macam atau jenis pelapukan batuan yang disebut dengan pelapukan fisika, pelapukan kimia, dan pelapukan biologi. Pernah disebut sebelumnya pada artikel “Jenis-jenis Batuan” bahwa tanah yang ada di permukaan bumi merupakan ubah wujud dari batuan itu sendiri. Yang terjadi adalah pelapukan pada batuan sehingga akhirnya yang terlihat di lapisan paling atas permukaan bumi adalah tanah, bukan hanya tanah batuan juga dapat melapuk menjadi padang pasir seperti halnya yang terjadi di Arab Saudi. Bagaimana penjelasan lebih lengkapnya mengenai pelapukan batuan fisika, kimia, dan biologi? Mari simak info berikut ini.


Pelapukan Pada Batu dapat terjadi akibat adanya perubahan suhu, persenyawaan dengan oksigen, dan Oleh makhluk hidup. Selengkapnya, berikut penjelasan pelapukan fisika, kimia, dan biologi pada batuan.

Pelapukan Fisika

Pelapukan Fisika pada batuan adalah pelapukan yang disebabkan oleh perubahan suhu. Perubahan suhu yang dimaksud adalah perubahan suhu yang terjadi berulang-ulang. Misalnya saja antara siang dan malam, terjadi perubahan panas dan dingin secara berulang sehingga akan terjadi pelapukan pada batu. Pelapukan fisika pada batu karena perubahan suhu ini banyak terjadi di Arab saudi, sebabnya adalah perubahan suhu yang sangat mencolok di siang hari dan malam hari pada negara tersebut. Akibatnya, menyebabkan batu menjadi pecah dan ukurannya semakin lama semakin kecel, batu batuan itu lama kelamaan menjadi padang pasir.

Contoh lain pada pelapukan fisika adalah pelapukan batu yang terjadi karena terpaan angin dan hujan serta peran gaya gravitasi. Karena terpaan angin dan hujan tersebut dapat menyebabkan perubahan pada permukaan bumi yang disebut juga dengan erosi.

Pelapukan Kimia

Pelapukan Kimia pada batu dapat terjadi akibat adanya persenyawaan dengan oksigen. Pernah mendengar hujan asam? Hujan asam terjadi akibat oksigen, uap air dan zat lain bergabung. Zat atau gas gas beracun yang berasal dari gas buangan buangan industri seperti belerang dioksida menyebabkan hujan asam. Peran hujan asam sangat meningkatkan kecepatan pelapukan kimia. Termasuk juga pada batuan yang mengakibatkan batuan menjadi lapuk/ terkikis.

Pelapukan Biologi

Pernah melihat lumut yang menempel pada batu? Apa yang terjadi pada batu tersebut? Lama kelamaan batu akan mengalami pelapukan dan hancur. Pelapukan ini akan menjadi awal dari pembentukan tanah. Pengertian pelapukan biologi; Pelapukan yang disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup.  Pelapukan biologi ini terjadi karena adanya peran aktif pengurai, tekanan akar tumbuhan , dan gerakan air.

Google+ Followers

Pencarian