Home » » Macam-Macam Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Macam-Macam Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui



Macam-Macam Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui _ dalam pembahasan sebelumnya mengenai sumber daya alam dan penggunaannya, kita telah sepakat bahwa ada 2 jenis sumber daya alam, atau yang disingkat dengan SDA. Yaitu SDA yang tidak dapat diperbaharui dan SDA yang dapat diperbaharui. Untuk mereview kembali, silahkan baca Macam macam sumber daya alam yang tidak dapatdiperbaharui yang telah di publish sebelumnya.

Dalam penggunaan sumber daya alam, betapa manusialah yang mempunyai peran utama dalam mengelola dan menggunakannya. SDA yang dapat diperbaharui tidak akan habis jika digunakan oleh manusia secara terus menerus, karena manusia mampu mengusahakannya. Tetapi berbeda dengan SDA yang tidak dapat diperbaharui, Sumber daya alam ini dapat habis sewaktu waktu.

Berbicara mengenai sumber daya alam yang dapat diperbarui, contoh paling dekat yang bisa kita ambil adalah nasi atau beras yang merupakan makanan pokok kita. Apakah contoh ini merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui? Jawabannya adalah ya, karena bahan dari alam ini termasuk tumbuhan (padi). Tumbuhan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak akan habis, manusia dapat mengusahakannya dengan cara bercocok tanam. Demikian pula dengan hewan dimana manusia juga dapat beternak untuk memenuhi kebutuhannya.



Selain contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, hewan dan tumbuhan tersebut. Adalah sumber daya alam terbesar yang dapat diperbaharui termasuk air, udara, dan sinar matahari. Apakah anda pernah mendengar tentang daur air maupun daur oksigen? Inilah sebabnya kenapa keduanya juga termasuk SDA yang dapat diperbarui dan tidak akan habis walaupun terus digunakan.

Kesimpulan: Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis, karena manusia dapat mengusahakannya. Macam macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah Tumbuhan, Hewan, Air, Udara, dan juga Sinar Matahari.

Demikian pembahasan kali ini mengenai macam macam sumber daya alam yang dapat diperbarui. Baca juga bahasan sebelumnya, yaitu Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Google+ Followers

Pencarian