Home » » Manfaat Organisasi

Manfaat Organisasi



Manfaat Organisasi _ Apakah anda pernah mendengar kata organisasi sebelumnya? Rasanya sudah sangat sering kita mendengar dan mengetahui bentuk organisasi itu sendiri. Organisasi bisa dijumpai di sekolah, maupun di masyarakat. Pada lingkungan sekolah, organisasi yang terbentuk adalah koperasi sekolah, UKS, Komite sekolah dan lain sebagainya. Sementara pada lingkungan masyarakat ada organisasi berbentuk Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan juga karang taruna.

Organisasi dibentuk untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan orang lain. Dibutuhkan kerja sama untuk memenuhi kebutuhan. Disamping dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara individu, manusia juga membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan secara bersama sama, maka dibentuklah suatu organisasi.

Dalam organisasi ada aturan yang dijalankan. Demi mencapai tujuan organisasi itu sendiri, perlu dilakukan pembagian tugas tugas, maupun program kerja baik dalam jangka pendek, menengah, atau jangka panjang. Oleh karena itu dalam sebuah organisasi terdapat pengurus organisasi yang secara umum melibatkan peran ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara, dan juga wakil bendahara. Pembentukan pengurus pengurus tersebut sangat tergantung pada tugas yang harus diemban oleh sebuah organisasi, semakin besar tugasnya maka biasanya akan semakin banyak pengurus organisasi tersebut.

Pada dasarnya, suatu organisasi mencakup tujuan, anggota, dan pengurus. Tujuan organisasi dibentuk adalah agar kegiatan organisasi berjalan dengan lancar, dan para anggota dapat mengerti tugas dan tanggung jawab masing masing.

Google+ Followers

Pencarian