Home » » Ciri Khusus pada Tumbuhan dan Fungsinya

Ciri Khusus pada Tumbuhan dan Fungsinya



Ciri Khusus pada Tumbuhan dan Fungsinya _ artikel ini melanjutnya pembahasan sebelumnya yaitu ciri khusus hewan. Jika berbicara mengenai ciri khusus pada makhluk hidup maka kita bisa membedakannya menjadi 2 jenis yaitu ciri khusus pada tumbuhan dan ciri khusus pada hewan. Kali ini, pembahasan mengenai ciri khusus tumbuhan dan fungsinya. Diantaranya adalah ciri khusus pada teratai, kantong semar, venus, kaktus, raflesia.

Teratai

Kira kira, ciri khusus apa pada teratai? Teratai adalah tumbuhan yang hidup didalam air. Dengan lingkungan ini teratai mempunyai ciri khusus untuk dapat bertahan hidup. Yang pertama kita bisa amati dari daunnya, daun teratai berbentuk lebar fungsinya untuk memudahkan penguapan air dan juga berfotosintesis. Selain itu, batang dan akar teratai yang berada di dalam air memiliki rongga sehingga memungkinkan teratai mendapatkan oksigen walaupun batang dan akarnya berada di dalam air.

Kantong Semar dan Venus


Kantong semar dan venus juga termasuk dalam daftar beberapa tumbuhan yang punya ciri khusus. Kantong semar punya bentuk daun yang sangat unik menyerupai sebuah cangkir, didalam daunnya ini juga terdapat cairan nektar, fungsinya untuk menarik perhatian serangga untuk masuk kedalam kantong semar. Serangga serangga yang terperangkap akan menjadi sumber nitrogen bagi kantong semar. Kantong semar dan venus adalah tumbuhan pemakan serangga. Sama seperti kantong semar, venus juga punya daun yang berbentuk unik yang berfungsi untuk menangkap serangga yang lewat. Daun venus dapat mengatup dengan cepat jika ada serangga yang melewatinya seperti belalang, lalat dan sebagainya. Jika serangga sudah terperangkap kedua tumbuhan punya semacam cairan yang dapat melarutkan dan mengambil nitrogen dari serangga tersebut.

Bunga Raflesia

Bunga atau tumbuhan raflesia adalah bunga terbesar didunia, bunga ini hidup menempel sebagai parasit pada tumbuhan lain. Untuk berkembang biak biasanya dibantu oleh berbagai serangga seperti lalat. Bagaiamana serangga bisa datang mendekati bunga raflesia ini. Ini karena bunga raflesia punya ciri khusus yang bisa mengeluarkan bau busuk seperti bau bangkai untuk memikat serangga.

Tumbuhan Kaktus

Lingkungan hidup tumbuhan kaktus sangat berbeda dengan teratai. Jika teratai tumbuh dan hidup di dalam air, kaktus tumbuh di tempat yang kering, gersang, dan panas. Penyesuaian tumbuhan kaktus dengan lingkungannya yang kering sangat istimewa, diantaranya ciri khusus pada kaktus adalah batang yang besar untuk peyimpanan air. Jika turun hujan, batangnya ini bisa menyimpan banyak air. Sementara itu daun kaktus juga berbentuk duri yang dapat mengurangi penguapan air sehingga kebutuhan air pada kaktus terpenuhi.

Demikian info kali ini mengenai ciri khusus pada makhluk hidup (tumbuhan) setelah sebelumya sudah diposting mengeai ciri khusus pada hewan. Masing-masing ciri khusus yang dimiliki oleh hewan dan tumbuhan ini berfungsi/ berguna untuk penyesuaian tumbuhan tersebut dengan lingkungannya.

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...
loading...

Search This Blog