Home » » Ciri Khusus Makhluk Hidup (Hewan), Ciri Khusus Hewan

Ciri Khusus Makhluk Hidup (Hewan), Ciri Khusus Hewan



Ciri Khusus Makhluk Hidup (Hewan), Ciri Khusus Hewan _ postingan kali ini melanjutkan pembahasan sebelumnya yang sudah dijelaskan mengenai macam macam cara hewan untuk melindungi diri dari musuh dan macam-macam penyesuaikan tumbuhan pada lingkungannya. Masih ada hubungannya, kali ini kita akan membahas bagaimana ciri-ciri khusus pada makhluk hidup, dalam pembahasan kali ini adalah “Hewan”. Beberapa jenis hewan yang memiliki ciri khusus diantaranya adalah Kelelawar, Cecak dan Tokek, Bunglon, Landak, Unta, Burung Hantu, Ikan pemanah, dan Koral. Jika kita berbicara mengenai ciri khusus pada makhluk hidup, kita dapat membedakannya menjadi 2 jenis yaitu jenis hewan dan pada jenis tumbuhan, ciri khusus pada tumbuhan akan dibahas pada postingan berikutnya..
 
Penyamaran Bunglon
Sebelumnya, anda telah membaca mengenai macam-macam carahewan melindungi diri dari musuh atau pemangsanya, anda juga tentu sudah mengetahui mengenai penyesuaian tumbuhan dengan lingkungan hidup dan cara tumbuhanmelindungi diri dari musuh. Mungkin bisa dibaca baca kembali sebagai pengingat. Pada postingan tersebut telah dijelaskan bagaimana cara unik cecak yang dapat memutuskan ekor jika sedang terancam, cara cumi cumi mengelabui musuh dengan cairan tintanya, cara musang yang bisa berpura pura mati, cara belalang daun dan bunglon yang dapat menyamar. Intinya adalah, keistimewaan dan cara cara unik hewan tersebut dapat melindungi mereka dari pemangsa atau musuhnya, begitu juga dengan tumbuhan yang punya duri dan getah. Tetapi taukah anda, ada ciri-ciri khusus lain dari makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) yang dapat juga digunakan untuk bertahan hidup, termasuk untuk mendapatkan makanan, atau untuk berburu. Sangat menarik bukan?..

Ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan

Ciri Khusus Kelelawar, Memiliki Alat Pendeteksi Benda

Kelelawar adalah satu satunya mamalia yang bisa terbang, kelelawar akan beraktifitas atau mencari makanan pada malam hari, disiang hari kelelawar tidur. Kalau anda mencari cari atau ingin melihat hewan ini di siang hari, kelelawar menggantung pada tempat tinggalnya, seperti di dalam gua misalnya.. dengan posisi terbalik, begitulah posisi kelelawar tidur. Kemudian kalau anda perhatikan lagi, hewan ini punya semacam cakar dibagian atas sayap memudahkan hewan ini merangkak dalam gua tempat tinggalnya.

Ciri khusus lain yang paling penting pada hewan ini adalah atat pendeteksi benda, kelelawar mencari makanan pada malam hari dengan memanfaatkan pantuan bunyi berfrekuensi tinggi (ekolokasi)
Kemampuan ekolokasi kelelawar sangat berguna pada saat berburu dimalam hari, hewan yang makan berbagai jenis serangga ini akan memancarkan bunyi berfrekuensi tinggi dari mulutnya kemudian dipantulkan benda benda di sekitar sehingga kelelawar dapat memperkirakan jarak ringtangan atau makanan.

Ciri Khusus Cecak dan Tokek, Punya Kaki Lengket

Ciri khusus makhluk hidup lain ada pada Cicak dan juga Tokek. Tebak apa kesamaan ciri khusus pada dua hewan ini? Punya perekat pada kaki memungkinkan cecak dan tokek untuk merayap di dinding. Umumnya makanan kedua hewan ini adalah berbagai serangga kecil seperti laron, lalat, dan laron. Serangga-serangga tersebut bisa terbang, sehingga untuk meraih mangsanya cecak dan tokek harus merayap didinding. Tentu kita juga sering menyaksikan hewan ini makan bukan? Khususnya cicak yang sering berada di dinding dan langit langit rumah. Mereka dapat merayap tanpa terjatuh sebab punya kaki lengket. Kaki lengketnya ini terdapat dari struktur seperti rambut yang dapat menempel, menjadi ciri khusus keduanya.

Ciri Khusus pada Bunglon dan Landak Semut, Memiliki Lidah Panjang dan Lengket

Ciri khusus lainnya dapat diambil dari ciri khusus bunglon dan ciri khusus landak semut, keduanya punya lidah yang panjang dan lengket, hal ini memudahkan bunglon maupun landak semut untuk memperoleh makanan.

Perhatikan pada bunglon, hewan ini berjalan lambat sementara makanannya adalah serangga yang cepat bahkan bisa terbang. Penyesuaian warna kulit bunglon pada sekeliling atau lingkungannya adalah rahasia bunglon untuk sulit terlihat, sehingga keberadaannya seringkali tidak disadari oleh serangga-serangga kecil makanan bunglon. Jika sudah berada dekat dengan mangsa, bunglon akan melontarkan lidah panjangnya yang lengket pada belalang atau serangga lain kemudian menarik kedalam mulutnya.

Perhatikan lagi pada landak semut, hewan ini juga punya lidah yang panjang dan lengket. Seperti namanya, makanan kegemaran landak ini adalah semut. Lidah yang lengket dan panjang tersebut untuk menjilat semut semut yang ada di gundukan tanah. Sebelum itu landak semut dapat menggali sarang semut dengan cakarnya yang tajam.

Ciri Khusus pada Unta, Punuk untuk Penyimpanan Lemak

Unta hidup di gurun pasir yang kering dan gersang, tetapi dengan punuk yang dimilikinya unta dapat melakukan perjalan yang panjang tanpa makan dan minum. Hal ini karena lemak yang terdapat pada punuk adalah sumber energinya. Sedangkan jika makanan berlimpah, perut unta yang sangat besar dapat menyimpan banyak makanan dan unta juga dapat minum hingga 57 liter tanpa berhenti.

Ciri Khusus Burung Hantu Yang punya Pendengaran Tajam

Burung hantu menggunakan mata dan pendengarannya yang tajam utuk menemukan mangsanya. Tau gak, cara unik burung hantu ketika berburu di malam hari? Hewan ini dapat mengeluarkan teriakan teriakan sehingga mangsanya seperti tikus, serangga menjadi takut dan membuat suara atau gerakan ketakutan. Dengan mata dan pendengaran tajam, burung hantu dapat mengetahui dengan baik lokasi mangsanya, pada saat yang tepat burung hantu dapat menyambar mangsanya diam diam tanpa suara dengan bulu halusnya itu.

Ciri Khusus Ikan Pemanah yang dapat Menyemburkan Air

Nah, ciri khusus ikan pemanah juga menakjubkan, seperti namanya, ikan ini dapat memperoleh makanannya dengan menyemurkan air ke udara layaknya si “pemanah”.. ikan yang hidup di air tawar ini seringkali mengincar serangga kecil yang berada di dahan atau ranting dekat permukaan air. Dengan akurasi yang tepat, ikan pemanah dapat menyemburkan air tepat ke mangsanya. Ketika mangsa terjatuh ke air, ikan pemanah langsung menyambar dan melahap si serangga.

Ciri khusus Koral, Bunga Karang yang menempel di dasar Laut

Bunga karang atau koral adalah hewan yang hidup dan menempel di dasar laut menunggu datangnya makanan. Bentuk sederhana dari koral yang juga mempunyai lubang lubang halus tempat masuknya air, makanan, dan oksigen.

Nah demikian uraian kali ini mengenai ciri ciri khusus pada hewan yang digunakan untuk memperoleh makanan mereka. Apakah anda dapat menyebutkan contoh yang lainnya? Pada pelajaran sebelumnya mungkin sudah mengenal bentuk bentuk paruh burung, itu juga merupakan ciri khusus pada hewan. Selain punya cara unik melindungi diri dari musuh ternyata ciri khusus pada hewan diatas berguna untuk mendapatkan makanan atau mangsa mereka sendiri. Bukan hanya pada hewan, ciri khusus makhluk hidup yang lain juga ada pada tumbuhan seperti ciri khusus yang terdapat pada tumbuhan teratai, tumbuhan kantong semar, juga kaktus. Apa saja ciri khusus pada tumbuhan ini? Akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Demikian info kali ini mengenai ciri khusus pada beberapa jenis hewan.

Artikel selanjutnya : Ciri khusus makhluk hidup (Tumbuhan), Ciri khusus Tumbuhan

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog