Home » » Macam Macam Cara Hewan untuk Melindungi Dirinya Dari Musuh

Macam Macam Cara Hewan untuk Melindungi Dirinya Dari Musuh


Macam Macam Cara Hewan untuk Melindungi Dirinya Dari Musuh. Tahukan anda bahwa pada umumnya hewan itu memiliki bagian tubuh yang sebenarnya berguna untuk melindungi dirinya dari serangan musuh atau predator mereka. Diantara hewan hewan seperti cicak, bunglon, siput dan sebagainya punya cara masing masing untuk melindungi diri mereka dari musuh. Berikut adalah beberapa hewan yang sudah dirangkum yang memiliki cara dan keunikannya sendiri dalam melindungi diri dari pemangsa atau musuh mereka.

Bunglon

Mungkin anda sudah sangat mengenal hewan yang satu ini, bunglon dapat berubah warna sesuai dengan tempat atau posisi dimana dia menempel sehingga hal ini dapat mengelabui musuhnya. Tahukah anda bahwa ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi perubahan warna kulit pada bunglon, diantaranya adalah; cahaya, suhu dan juga refleks bungklon terhadap sekitarnya, luar biasa bukan? Adapun perubahan warna yang sering terjadi pada bunglon adalah warna hijau, coklat, dan abu-abu. Tentunya kemampuan bunglon ini sekaligus menjadi cara unik dia untuk melindungi dirinya dari musuh.

Walang Sangit

Anda tau hewan walang sangit? Walang sangit dikenal sebagai hama padi, lalu bagaimana cara hewan ini melindungi dirinya dari musuhnya? Walang sangit memiliki cara melindungi diri dengan cara mengeluarkan bau yang sangat menyengat sehingga seringkali musuh menjauhinya. Anda mungkin juga sering menjumpai hewan ini.

Walang Daun/ Belalang Daun

Walang daun mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun, keadaan tubuh yang seperti ini sangat menguntungkan walang daun. Walang daun hidup pada tumbuhan yang bentuk dan warna daunnya mirip sekali dengan tubuh walang daun maka dari itu hal ini akan menyulitkan musuh untuk mengetahui keberadaannya, bahkan kita manusia secara kasap mata juga sulit melihat keberadaan walang daun ini jika dia sedang berkamuflase karna memang bentuknya yang sama persis dengan daun.

Harimau/ anjing/ singa

Binatang ini memiliki kuku dan gigi yang tajam, kuku dan gigi tersebut berguna untuk melindungi dirinya dari musuh. Jika ada musuh atau mangsa yang datang, mereka akan menyerang dengan kuku dan giiginya yang tajam tersebut.

Sapi/ Kambing/ Kerbau/ Kijang

Memiliki tanduk yang runcing, hewan hewan ini menggunakan tanduknya pada saat bertarung dengan musuh, mungkin kita sering menyaksikannya.

Kalajengkin/ Kelabang/ Lebah

Mereka memiliki sengat untuk melindungi diri dari musuh, hewan hewan tersebut akan mengeluarkan zat beracun melalui sengatannya dan digunakan untuk membunuh musuh mereka.

Ular

Ada dua jenis ular, yaitu ular yang berbisa dan ular yang tidak berbisa. Ular berbisa adalah ular yang memiliki zar beracun untuk melawan musuh. Zat tersebutlah yang disebut bisa. Pada saat ular menggigit musuh, bisa mengalir melalui gigi ular ketubuh musuh. Gigitan ular berbisa tersebut bisa mengakibatkan kematian pada musuhnya. Contoh ular berbisa adalah kobra. Sedangkan ular yang tidak berbisa memiliki cara melindungi dirinya dengan membelitkan tubuhnya pada musuh, namun jangan salah, belitan ini juga sangat kuat sehingga dapat menyebabkan kematian pada musuhnya, contoh ular yang tidak berbisa adalah ular piton.

Cumi Cumi

Bagaimana cara cumi cumi melindungi dirinya dari musuh? Cumi cumi akan mengeluarkan cairan seperti tinda jika dia merasa terancam. Dengan cairan tersebut dapat mengelabui musuh dan tidak dapat melihatnya, dan disaat itu pula cumi cumi akan melarikan diri dengan cepat untuk menghindari musuhnya.

Siput

Hewan yang berjalan sangat lambat ini memiliki kelebihan pada bagian cangkangnya yang keras. Cangkang pada siput ini disebut sebagai rumah siput yang fungsinya tak lain adalah untuk melindungi dirinya dari musuh. Jika merasa terancam, siput akan memasukkan dirinya kedalam rumah atau cangkangnya.

Musang Dan Kumbang

Musang dan kumbang juga memiliki cara yang unik untuk melindungi dirinya dari musung, mereka akan berpura pura mati jika diserang oleh musung. Jika musuh sudah lengah, maka mereka akan mengambil kesempatan untuk lari dan meloloskan diri.

Cecak

Taukah anda bahwa cecak dapat memutuskan ekor? Ya, inilah cara cicak untuk membebaskan diri ketika dalam bahaya dan merasa terancam. Ketika cicak memutuskan ekornya, ekor tersebut akan tetap bergerak sehingga dapat mengelabui musuh. Walaupun cicak dapat dengan mudah memutuskan ekornya, namun ekor tersebut akan tetap tumbuh kembali.

Nah, itulah macam macam hewan, dengan cara dan kelebihannya masing-masing yang mereka andalkan untuk melindungi dirinya dari serangan musuh.

2 komentar:

Google+ Followers

Pencarian