Home » » Cara Mencegah Kepunahan Hewan dan Tumbuhan

Cara Mencegah Kepunahan Hewan dan Tumbuhan

loading...


Cara Mencegah Kepunahan Hewan dan Tumbuhan _ di artikel sebelumnya, anda telah membaca mengenai perilaku atau kegiatan manusiayang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem seperti penebangan hutan, pembakaran hutan dan juga perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Ternyata hal ini sangat berdampak pada kelangsungan hidup hewan di dalam hutan. Karena hutan ditebangi, dan karena perburuan liar yang tak terkendali akibatnya tempat tinggal hewan hewan ini dan juga makanannya semakin lama semakin berkurang. Tidak menutup kemungkinan, hewan hewan maupun tumbuhan yang jumlahnya semakin sedikit akan punah. Oleh karena itu, diperlukan upaya upaya atau tindakan yang dapat mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan yang dimaksud. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Melindungi Hewan dan Tumbuhan Langka

Pada umumnya setiap negara punya undang-undang atau peraturan tertentu untuk melindungi keberadaan tumbuhan dan hewan langka dari perburuan liar. Ada yang disebut dengan cagar alam (untuk melindungi tumbuhan) dan suaka margasatwa (untuk melindungi keberadaan hewan). Peran serta masyarakat juga sangat penting dalam hal ini, untuk itu pemerintah mengajak dan memberikan Kalpataru kepada masyarakat yang ikut serta melestarikan alam.

Melakukan Pembudidayaan Hewan Atau Tumbuhan Langka

Yaitu dengan cara membudidayakan hewan yang sudah langka seperti buaya misalnya yang populasinya semakin berkurang karena diburu untuk dimanfaatkan kulitnya. Selain itu, pada tumbuhan langka seperti jati, cendana, gaharu yang kerap kali ditebang untuk berbagai keperluan, bahan kerajinan, minyak, bahan kosmetik, mebel dll bisa dilakukan penanaman kembali bibit bibit dari tumbuhan langka tersebut.

Menggunakan Bahan Pengganti dari tumbuhan, Hewan Ternak, atau sintetis

Perburuan pada hewan pada umumnya mengambil manfaat dari bagian tubuh hewan tersebut seperti kulit, gading, cula dan sebagainya. Dengan menggunakan bahan tiruan atau sintetis maka dapat menghentikan perburuan tersebut. Ini juga bisa menjadi cara menanggulangi perburuan dan hewan dan tumbuhan langka.

Demikian cara yang bisa diupayakan untuk menanggulangi atau mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan langka. Cara cara tersebut sebagai upaya menjaga kelestarian alam, hewannya maupun tumbuhannya.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

loading...

Search This Blog