Home » » Pengertian, Sifat, dan Lapisan atmosfer

Pengertian, Sifat, dan Lapisan atmosfer



Pengertian, Sifat, Lapisan, dan kegunaan atmosfer bagi bumi
Pengertian atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti bumi, atmosfer berasal dari bahasa yunani. Atmos artinya uap dan saphira artinya lapisan. Unsur unsur gas yang utama dalam atmosfer adalah nitrogen, oksigen, argon dan karbondioksida. Adapun sifat-sifat atmosfer adalah sebagai berikut:

1. Tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak dapat dirasakan kecuali dalam bentuk gas
2. Dinamis dan elastis sehingga dapat mengembang, mengerut, bergerak, dan berpindah
3. Transparan terhadap beberapa bentuk radiasi
4. Memiliki massa/berat, sehingga dapat menimbulkan tekanan.

Lapisan atmosfer
Ketebalan atmosfer adalah 1.000 km dari permukaan air laut yang terbagi dalam beberapa lapisan. Dan kalau diurutkan lapisan tersebut dari yang terbawah ke atas adalah sebagai berikut:

1.         1. Troposfer
Troposfer merupakan lapisan paling bawah dari atmosfer dengan ketinggian rata-rata 12-km. di daerah khatulistiwa ketebalan Troposfer antara 16- 18 Km dan di daerah kutub ketinggiannya antara 8-10 km. lapisan ini sangat berpengaruh bagi kehidupam. Dimana Troposfer adalah tempat terjadinya peristiwa seperti angin, hujan, awan dan petir.

2.   Stratosfer
    Stratosfer terletak pada ketinggian antara 18-80 km dari permukaan laut. Pada lapisan ini terdapat molekul gas yang terdapat di Stratosfer.

Lapisan Stratosfer dapat dibagi menjadi tiga lapisan, yaitu:
1)   Lapisan isotherm, ketinggiannya antara 18-35 km, dengan temperature tetap yaitu -500 C sampai +500 C.
2)   Lapisan panas, ketinggian antara 35-50 km, suhunya antara -500◦C sampai +50C. pada lapisan ini banyak mengandung ozon (O3) yang menahan sinar ultraviolet yang di pancarkan matahari.
3)   Lapisan campuran, terletak antara 50-80 km. pada ketinggian kurang lebih 50 km terdapat lapisan mesosfer, yaitu lapisan pelindung bumi terhadap jatuhnya meteor. Meteor yang akan jatuh ke bumi sudah terbakar lebih dahulu pada lapisan mesosfer ini.
dalam lapisan ini molekul dan atom atom udara mengalami lonisasi. Sehingga terdapat pemantulan gelombang radio, yaitu gelombang pendek dang gelombang panjang.

3.           Ionosfer
Lapisan ini berketinggian 80-800 km.dalam lapisan ini molekul dan atom atom udara mengalami lonisasi. Sehingga terdapat pemantulan gelombang radio, yaitu gelombang pendek dang gelombang panjang.

4.           Eksosfer
Eksosfer berketinggian antara 800-1600 km dan merupakan lapisan yang paling luar dalam atmosfer bumi. Di dalam lapisan ini pengaruh gaya tarik bumi sangat tipis atau sudah mulai berkurang.

Kegunaan/fungsi atmosfer
Adapun kegunaan atmosfer adalah sebagai berikut:
1.   Menjaga suhu bumi supaya tetap hangat
2.   Menyaring sinar ultraviolet dari matahari yang berbahaya bagi kehidupan di bumi
3.   Memantulkan gelombang radio untuk komunikasi
4.   Melindungi bumi dari jatuhnya batuan meteor atau benda langit lainnya.
5.   Salah satu sumber daya alam yang memberikan kehidupan dan penghidupan di muka bumi
6.   Sumber tenaga yang murah ( udara yang bergerak/angin ).

Itulah pembahasan kali ini mengenai pengertian atmosfer, sifat-sifat pada atmosfer maupun pembagian lapisan-lapisan pada atmosfer. Berikut juga kegunaan atmosfer bagi bumi.

1 komentar:

Google+ Followers

Pencarian