Home » » Bentuk Bentuk Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Bentuk Bentuk Kegiatan Ekonomi di Indonesia


Bentuk Bentuk Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Kekayaan sumber daya yang ada haruslah dimanfaatkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sangat erat hubungannya kegiatan ekonomi dengan pemanfaatan sumber daya alam. Berikut akan dibahas secara rinci mengenai bentuk-bentuk ekonomi,..

Sumber daya alam yang kita miliki harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Agar tujuan itu tercapai, kita harus pandai memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Sumber daya alam memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika diolah dengan baik. kegiatan ekonomi masyarakatpun sangat tergantung kepada sumber daya alam yang dimiliki di daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat dipedasaan akan memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai berbagai tanaman pertanian maupun maupun perkebunan.
Padi, jagung, palawija, buah-buahan dan sayur mayur merupakan hasil kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan. Begitu juga dengan masyarakat di daerah pesisir pantai. Sebagian besar kegiatan ekonomi mereka mengandalkan hasil perikanan dari laut. Untuk lebih jelasnya berikut ini dijelaskan berbagai kegiatan ekonomi yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat..

            1.      Pertanian
Negara kita sudah terkenal dengan istilah Negara agraris, apa itu Negara agraris? Yang dimaksud Negara agraris adalah Negara yang sebagian besar jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduknya adalah dalam bidang pertanian. Kegiatan ekonomi dalam bertani dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat misalnya padi, jagung, sayur sayuran, dan sebagainya.

“ Indonesia memang memiliki lahan pertanian yang luas, namun kebutuhan pangan masih belum tercukupi. Untuk itu perlu strategi khusus dalam mengelola lahan pertanian”

2.      Perikanan
Selain sebagai Negara agraris, Negara kita merupakan Negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan. Dengan demikian, potensi sumber daya laut yang kita miliki sangatlah besar. Banyak hasil laut yang bernilai ekonomi, terutama perikanan. Namun, eksploitasi hasil laut belum dilakukan secara maksimal. Budidaya perikanan kita masih belum dikelola dengan baik, ikan hasil tangkapan masih sedikit padahal potensi perikanan laut sangat besar peranannya dalam menambah pendapatan Negara.

Salah satu penyebab kenapa hasil tangkapan laut Indonesia masih sedikit adalah karena para nelayan masih menggunakan peralatan tradisional untuk menangkap ikan. Untuk itu pemakaian peralatan modern sangat diperlukan agar potensi hasil laut yang dimiliki dapat dimanfaatkan sebesar besarnya. Dalam hal ini peranan terpenting ada pada menteri khusus untuk mengurus masalah kelautan.

3.         Perkebunan
Apa saja yang merupakan hasil perkebunan? Usaha perkebunan dapat dilakukan oleh orang perorangan dan dapat juga dilakukan oleh pemerintah. Usaha perkebunan yang dilakukan oleh pemerintah dikelola oleh  PT Perkebunan (PTP) dan biasanya dengan lahan yang cukup luas. Contoh hasil perkebunan antara lain; the, kopi, cengkeh, tembakau, karet, kelapa sawit, cokelat, dan sebagainya..

4.         Peternakan
Daging, susu, dan telur merupakan hasil dari usaha di bidang peternakan. Daging, susu, dan telur oleh masyarakat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Selain itu peternakan juga dapat menghasilkan bahan baku industry, misalnya bulu, kulit, dan tulang..

5.      Perindustrian
Tukang kayu mengolah kayu menjadi meja, kursi, atau tempat tidur. Sedangkan tukang jahit mengolah bahan menjadi baju atau celana. Kegiatan tukang kayu dan tukang jahit ini merupakan kegiatan industry.
Kegiatan industry dapat dilakukan di rumah atau di pabrik. Kegiatan industry yang dilakukan dirumah disebut industry rumah tangga. Contoh industry rumah tangga misalnya anyaman bamboo, anyaman rotan, batik, mebel, perhiasan, border, dan konveksi…

Industry yang dilakukan dipabrik umumnya menggunakan mesin yang modern. Contoh industry besar misalnya industry pesawat terbang, industry semen, industry kendaraan bermotor, industry kertas, industry elektronika, industry tekstil dan lain lain.

6.      Pertambangan
Negara kita juga terkenal sebagai salah satu Negara yang kaya dengan barang tambang. Usaha pertambangan dimaksudkan untuk mengambil sumber daya alam yang dimaksudkan untuk mengambil sumber daya alam yang ada di dalam perut bumi. Barang-barang tambang berupa logam, minyak bumi, dan gas bumi merupakan hasil tambang andalan. Kita memiliki banyak usaha pertambangan misalnya tambang minyak, tambang batu bara, tambang emas dan perak, tambang biji besi dan lain sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian