Home » » Cara Menggunakan Sumber daya Alam

Cara Menggunakan Sumber daya Alam



Cara Menggunakan Sumber daya Alam _ Pada pembahasan sebelumnya sudah diuraikan pengertian maupun contoh contoh dari sumber daya alam yangdapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menggunakan sumber daya alam. Sekali lagi kita sepakat bahwa dalam pengolahan/ pemanfaatan/ penggunaan sumber daya yang ada di alam semesta ini, manusialah yang memiliki peran utama. Jadi manusia pulalah yang harus bertanggung jawab terhadap  keadaan alam. Menggunakan sumber daya alam dengan baik dan bijak, adalah satu keharusan karena beberapa sumber daya alam tidak dapat diperbaharui, ingat pembahasan sebelumnya? Benar, Yang dimaksud disini adalah cara menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, karena sumber daya alam ini lama kelamaan akan habis, jika tidak dibatasi penggunaannya.


Beragam cara yang digunakan untuk memanfaatkan atau mengelola sumber daya alam adalah sebagai berikut;

·      Penambangan, yaitu cara yang dilakukan untuk mendapatkan bahan tambang untuk memenuhi kebutuhan manusia, misalnya saja minyak bumi
·      Pertanian dan Peternakan, cara ini dilakukan untuk memanfaatkan atau mengembangbiakan sumber daya alam berupa tanaman dan hewan termasuk perkebunan dan juka perikanan.
·      Membuat Sel Surya, sebagai cara pemanfaatan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Cara cara yang digunakan dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut tidak lepas dari sumber daya (terpenting) yang disebut dengan sumber daya manusia sebagai operatornya. Cara menggunakan sumber daya alam yang baik dan benar sepatutnya dilakukan demi kelestarian alam itu sendiri. Misalnya dengan menghemat penggunaan sumber daya alam (apapun itu) karena tidak semua sumber daya alam dapat terus tersedia. Peran penting kita yang dapat diupayakan untuk menghemat sumber daya alam yang ada diantaranya; menghemat penggunaan air dan listrik, tidak mencemari lingkungan, dan juga menanami tumbuhan di lingkungan tempat tinggal.

Google+ Followers

Pencarian