Home » » Pengertian Ovipar, vivipar, dan Ovovivipar (Perkembangbiakan Hewan)

Pengertian Ovipar, vivipar, dan Ovovivipar (Perkembangbiakan Hewan)

loading...


Pengertian Ovipar, vivipar, dan Ovovivipar (Perkembangbiakan Hewan) _ sebelumnya kita telah membahas mengenai apa dan bagaimana ciri ciri khusus pada hewan dan tumbuhan untuk cara mereka menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan cara mereka bertahan hidup. Kali ini masih tentang hewan dan tumbuhan yaitu bagaimana cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. Taukah kamu? Hewan dalam perkembangbiakannya dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu bagaimana cara hewan dan tumbuhan tersebut berkembangbiak adalah yang akan dibahas kali ini. Sementara itu bagaimana macam cara tumbuhan berkembangbiak akan dibahas pada postingan berikutnya. Pada hewan, tentu kamu sudah mengetahui apa yang termasuk hewan bertelur, hewan melahirkan, ada juga hewan bertelur dan melahirkan? Istilah pada masing masing cara hewan berkembangbiak ini dikenal dengan Ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan juga ovovivipar (bertelur dan melahirkan), dan satu lagi jenis perkembangbiakan pada hewan adalah Bertunas. Ternyata ada 4 kelompok hewan yang dapat dibedakan sesuai dengan cara mereka berkembangbiak yaitu ovipar, vivipar, ovovivipar, dan bertunas. Bagaimana cara perkembangbiakan hewan tersebut dan apa saja contoh contoh hewannya? Berikut penjelasan selengkapnya.
Hewan berkembangbiak dengan berbagai cara yang disebut dengan bertunas, ovipar, vivipar, dan ovovivipar untuk melestarikan jenis mereka. Berikut selengkapnya tentang perkembangbiakan hewan.

 
Bertunas
Memangnya ada ya hewan yang bertunas? Kalau tumbuhan sepertinya ada.. Nah, ternyata bukan tumbuhan saja yang dapat berkembangbiak dengan cara bertunas tetapi hewan juga. Dia adalah Hydra. Bertunas adalah cara berkembangbiak pada hewan tanpa proses perkawinan. Contoh hewannya adalah hydra. Sebuah tunas kecil akan tumbuh dari hydra dewasa, selanjutnya tunas akan lepas dari induknya dan menjadi hydra dewasa.
Bertelur (Ovipar)
Tentu kamu sudah pada tau jenis hewan apa saja yang bertelur bukan? Cara perkembangbiakan hewan dengan bertelur ini disebut juga dengan Ovipar yang berasal dari kata “Ovum” yang artinya telur. Ada banyak sekali contoh hewannya mulai dari jenis burung, ikan, serangga, dan juga hewan amfibi.
Melahirkan (vivipar)
Cara perkembangbiakan hewan selanjutnya adalah melahirkan, dapat kita ketahui dari berbagai jenis hewan seperti kucing, anjing, sapi, kijang, harimau dan masih banyak lagi. Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan disebut juga dengan vivipar.
Bertelur-Melahirkan (ovovivipar)
Cara berkembangbiak dengan bertelur-melahirkan disebut dengan ovovivipar. Yang tergolong ovovivipar adalah hewan reptil, termasuk beberapa jenis ular dan kadal. Cara ini merupakan perpaduan cara bertelur dan melahirkan. Jadi jenis hewan ini mengeluarkan telur namun telur yang dikeluarkan itu telah tumbuh menjadi calon bayi.
Dari cara cara hewan tersebut berkembangbiak, terdapat beberapa perbedaan ciri hewan tersebut. Seperti misalnya perbedaan antara hewan bertelur dan hewan melahirkan
·           Hewan melahirkan mengalami masa mengandung, sedangkan hewan bertelur tidak memiliki masa mengandung
·           Hewan melahirkan memiliki kelenjar susu sehingga dapat menyusui anaknya. Sementara pada umumnya hewan bertelur tidak.
Itu dia yang disebut dengan bertunas, ovipar, vivipar, dan ovovivipar yaitu macam macam cara hewan berkembangbiak. Selain hewan ada macam cara berkembangbiak juga pada tumbuhan yang dibagi menjadi cara vegetatif dan generatif, akan dibahas pada artikel selenjutnya.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

loading...

Search This Blog