Home » » Contoh Peraturan Pusat dan Contoh Peraturan Daerah

Contoh Peraturan Pusat dan Contoh Peraturan Daerah



Contoh Peraturan Pusat dan Contoh Peraturan Daerah _ peraturan pusat dan peraturan daerah, apa perbedaannya? Untuk mengetahui pengertian dari masing-masing peraturan tersebut, anda bisa membaca kembali Apa Itu Peraturan. Dalam info kali ini, ruang baca akan informasikan contoh contoh peraturan yang dibuat oleh pusat dan daerah.

Sebagai negara hukum, Negara indonesia dijalankan berdasarkan hukum dan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, Undang-undang Dasar tahun 1945 adalah hukum tertinggi di Indonesia. Sebelumnya Ruang baca juga sudah membagikan Urutan peraturan/Perundang-undangan dari yang tertinggi sampai terendah. Anda juga dapat membacanya untuk  mengetahui macam-macam peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia.
Setelah mengetahui apa itu peraturan pusat, selanjutnya mari kita bahas contoh peraturan pusat yang ada di Indonesia. Contoh peraturan Pusat adalah sebagai berikut:

1.    Peraturan Wajib Belajar
Salah satu peraturan pusat adalah yang termuat dalam UU no.20 Tahun 2003 yang mewajibkan setiap warga negara dengan usia tujuh tahun sampai dengan lima belas tahun untuk mengenyam pendidikan dasar. Adapun pendidikan dasar yang dimaksudkan adalah SD dan juga SMP. Karena ini merupakan peraturan Pusat, peraturan ini harus dilaksanakan oleh selurah warga negara indonesia. Artinya semua orang tua yang memiliki anak usia tujuh hingga lima belas tahun wajib menyekolahkan anaknya.

2.    Peraturan Tentang Korupsi
Peraturan tentang korupsi juga merupakan contoh peraturan Pusat. Korupsi adalah suatu tindakan penyalahgunaan uang, fasilitas, wewenang, ataupun jabatan untuk keuntungan sendiri atau sekelompok orang. Pada umumnya korupsi ini berhubungan dengan pejabat pemerintahan. Tindakan korupsi ini merugikan negara maka tindakan tegas diperlukan untuk memberantas korupsi.

Peraturan yang termuat dalam UU no. 30 Tahun 2002 adalah satu upaya untuk memberantas korupsi. Peraturan ini mengatakan bahwa jika aparat pemerintahan dan penegak hukum terbukti melakukan tindakan korupsi maka akan dikenai hukuman seperti yang telah ditetapkan badan yang melakukan penyelidikan, penyidikan, dan tugas ini dipercayakan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

3.    Peraturan Lalu Lintas
Contoh lain peraturan pusat adalah peraturan tentang ketertiban berlalu lintas yang dimuat dalam UU no 14 tahun 1992. Peraturan ini menyatakan bahwa setiap orang yang menggunakan jalan raya wajib menaati peraturan lalu lintas. Baik itu si pengendaranya sendiri maupun pejalan kaki. Hukuman atau sanksi akan diberlakukan bagi siapa saja yang melanggar.

Itu dia beberapa contoh peraturan Pusat yang berlaku di Indonesia. Selain peraturan pusat, tentunya juga ada peraturan daerah dibuat guna mengatur masyarakat daerah terutama dalam rangka otonomi daerah. Selengkapnya, silahkan Baca Pengertian Peraturan.

Jika berbicara mengenai contoh peraturan daerah, masing-masing daerah mungkin akan memiliki peraturan yang berbeda beda namun pada umumnya memiliki materai yang sama misalkan peraturan mengenai pemerintahan, mengenai pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, perdagangan, pengelolaan sumber daya alam, IMB dan sebagainya. Sebagai contoh, berikut adalah Beberapa contoh peraturan daerah yang ada di beberapa provinsi di Indonesia

1.    Di jakarta terdapat Peraturan Daerah Nomor 7 tahun 1991 tentang izin mendirikan bangungan atau IMB. Dalam peraturan IMB ini mengatur tata cara pendirian bangunan baru dan tambahan.
2.    Di jakarta terdapat peraturah daerah tentang larangan merokok di tempat umum. Peraturan ini juga banyak diterapkan pada daerah daerah lain. Peraturan ini dibuat karena merokok di tempat umum dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Maka peraturan ini dibuat untuk meralang merokok di tempat umum seperti terminal, di sekolah, di angkutan umum dan tempat umum lainnya.
3.    Di kabupaten Bantul, Yogyakarta terdapat perda yang mengatur masalah sumber daya alam dan lingkungan. Salah satu peraturan tersebut mengatur masalah pengambilan pasir, kerikil, dan batu di sungai. Tujuannya agar penambangan tidak berlebihan dan alam tetap terjaga dengan baik.
4.    Di Bantul dan Aceh, terdapat Perda yang mengatur tentang pemanfaatan sumber daya alam. Jika warga setempat memanfaatkan sumber daya alam maka tiap dua bulan sekali harus ada pemantauan dari pemerintah setempat, dengan tujuan untuk menjaga kelestarian alam.
5.    Contoh lain peraturan daerah adalah Perda yang membentuk Lembaga Perlindungan Anak di Papua. Dimana mengatur agar kehidupan anak-anak dilindungi, memberikan hak untuk mendapatkan pendidikan dan tidak boleh dipaksa untuk mencari penghasilan sendiri.

Nah, itu dia contoh-conth peraturan mulai dari peraturan pusat dan juga peraturan daerah. Tiap tiap daerah memiliki peraturan yang berbeda tergantung kebutuhan daerah tersebut. Demikian info kali ini mengenai contoh peraturan pusat dan contoh peraturan daerah.

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers

Pencarian