Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Inovasi.
Menurut James Brian Quinn, faktor-faktor pendukung untuk tercapainya keberhasilan penerapan inovasi adalah sebagai berikut:
1. Inovasi harus berorientasi pasar
Banyak inovasi yang sekedar memecahkan masalah secara kreatif tetapi tidak mempunyai keunggulan bersaing di pasaran. Inovasi harus sesuai dengan kebutuhan pasar.
Perlu diperhatikan hubungan inovasi dengan pasar yang didalamnya ada 5C, yaitu Competitor (pesaing), Competition (persaingan), Change of competition (perubahan persaingan), Change driver (penentu arah perubahan), dan Change behavior (perilaku konsumen). Pasar berubah disebabkan oleh faktor-faktor berikut:
• Perubahan teknologi
• Perubahan ekonomi
• Perubahan prilaku sosial dan budaya
• Perubahan iklim dunia
• Perubahan peraturan pemerintah
2. Inovasi harus mampu meningkatkan nilai tambah perusahaan
Ada nilai tambah (value added) sehingga bisa menjadi pendongkrak pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.
3. Terdapat unsur efisiensi dan efektivitas dalam satu inovasi
Tanpa faktor efisiensi dan efektivitas, sebuah inovasi, tidak akan mempunyai arti atau dampak yang berarti bagi kemajuan perusahaan.
4. Inovasi harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan
Inovasi harus bisa diinovasikan lagi sehingga terjadi inovasi yang berkelanjutan (continuous improvement) hingga perusahaan tumbuh menjadi lebih baik dan lebih berkembang.
RELATED POST :
Faktor keberhasilan wirausaha...
Faktor kegagalan wirausaha...
0 komentar:
Post a Comment